Monday, July 8, 2013

Teknologi Pangan Alternatif Pengganti Gandum dan Beras

Makaroni_Jagung
Pusat Teknologi Agroindustri BPPT telah melakukan pengkajian pengembangan mi dan makaroni dari jagung.Menurut Deputi Pusat Teknologi Agroindustri BPPT Listiyani Wijayanti di Jakarta, Jumat (25/11) bila produk pangan yang berbahan terigu dapat diganti dengan jagung maka daerah rawan pangan dapat teratasi dengan sediaan pangan non terigu dan beras.



Masyarakat perlu dikenalkan produk-produk pangan non terigu dan beras yang mudah diterima dan diproduksi secara berkelanjutan. Jika ini terjadi maka pasokan bahan baku untuk pembuatan mi maupun makaroni dari bahan lokal di sisi hulu dapat tersedia dan industri di hilirnya dapat berjalan.

Sebagaimana diketahui sebanyak 78 persen masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras dengan rata-rata menghabiskan 139 kg beras per tahun.


Ironisnya, ketika pemerintah berusaha menekan konsumsi beras namun yang terjadi terigu menggantikan beras. Mie dan roti berbahan terigu menjadi sumber karbohidrat masyarakat. Padahal tanaman gandum sebagai sumber terigu tidak dapat tumbuh baik di Indonesia. Seluruh kebutuhan gandum yang mencapai 6 juta ton per tahun atau senilai Rp25 triliun dipenuhi dengan impor dari berbagai Negara.


Dengan membuat mi dan makaroni berbahan baku lokal ini diharapkan penggunaan terigu dapat dihambat sehingga devisa Negara tidak dikuras ke luar negeri. Dari aspek ketahanan pangan dengan memasyarakatkan makaroni jangung selain member alternatif bahan pangan juga mendukung kemandirian pangan


Menurut Direktur Pusat Teknologi Agroinsutri, Priyo Atmaji, BPPT terus mengembangkan produk pangan berbasis mi dan makaroni berbahan non terigu. “Ke depan hasil kajian ini dapat diterapkan pada sentra-sentra penghasil karbohidrat seperti sagu, jagung dan ubi kayu untuk mendukung ketersediaan bahan pangan karbohidrat,” katanya.


Mitra kerja BPPT, Samsul Bahri menambahkan macaroni jagung punya prospek pasar bagus. “Makaroni jagung di pasaran lebih baik dari terigu. Apalagi produksi makaroni jagung didukung dengan padat karya. Selain macaroni kami memproduksi bihun jagung yang dalam setahun kami bisa produksi 13.000 ton. Intinya mi dan makaroni jagung ini cukup menjanjikan,” katanya.Via : technology-indonesia

1 comment:

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb perkenalkan saya seorang TKW ARAB SAUDI
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampung, jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan AKI BROMO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul-betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI, akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI BROMO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor, dan nomor yg diberikan AKI BROMO memang betul-betul terbukti tembus 100% dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI BROMO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,mungkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI, sekali lagi makasih yaa KI atas bantuannya dan bagi teman-teman yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi (AKI BROMO) di nomor 085-288-958-758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah membuktikan sendiri keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi… insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar-benar kisah nyata dari saya seorang TKW... JIKA ANDA KURANG YAKIN ATAU KURANG PERCAYA >>>>>KLIK DISINI<<<<<

    SEKEDAR INFO: SEDIKIT BANTUAN DARI AKI BROMO.???
    1.MASALAH EKONOMI
    2.TERLILIT HUTANG
    3.PESUGIHAN
    4.DANA GAIB/UANG BALIK
    5.PENGLARIS BISNIS
    6.TOGEL
    7.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    8.MASALAH RUMAH TANGGA DAN LAIN-LAIN.

    Jadi kepada teman-teman yang lagi mengalami masalah, jangan anda putus asah,,,(AKI BROMO) akan membantu anda semua dalam berbagai suatu masalah dan ingin merubah nasib anda seperti saya apa bila ada waktu silahkan hubungi (AKI BROMO) Di Nomor: 085-288-958-758 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya ALLAH apa yang anda ingingkan pasti tercapai.
















    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.

    ReplyDelete