Friday, July 20, 2012

Sel Surya Tipis, Biaya Murah Kemampuan Maksi

Highly efficient solar power
Pada umumnya Perusahaan membuat sel surya film tipis menggunakan tembaga indium gallium diselenide (CIGS) dalam bentuk modul .
Modul Sel Surya berbentuk  film tipis  ini  sangat ringan, beratnya hanya hanya 3.5kg/m2 sehingga sangat cocok untuk untuk dipasang di atap karena lebih  ringan daripada bahan Panel PhotoVoltaik konvensional yang berat. Bagaimana rincian uraiannya, mari kita simak berikut ini 

tenda dengan atap bertenaga listrik dari solar sel tipis - myfreeenergyblog.com


 modul CIGS  diklaim memiliki efisiensi relatif lebih tinggi, fleksibel dan ringan bila dibandingkan produk lainnya .Materi sel surya ini lebih murah untuk proases pembuatannya dan pemasangannya  tidak memerlukan tambahan bingkai atau rak sehingga mengurangi biaya instalasi.


3. Panel Surya yang diproduksi kurang dari $ 1 per Watt
Tim peneliti dari Colorado State University telah mengembangkan cara baru dari manufaktur panel photovoltaic film tipis dengan biaya murah dan memiliki efisiensi tinggi. Panel surya baru ini memanfaatkan teknologi telluride kadmium. Penggunaan silikon kristal dirasa mahal, maka teknologi baru menggunakan lapisan kaca dengan film kadmium telluride tipis. Panel surya ini menghasilkan efisiensi tinggi dan jauh lebih murah daripada teknologi yang ada. Hal ini akan memberikan biaya kurang dari 1 watt $ per kepada konsumen. AVA Solar adalah perusahaan pembuat produksi massal panel surya film tipis.

The Benefits

Panel  film solar cell  tipis sangat mudah untuk diinstal pada setiap jenis permukaan karena  beratnya ringan dan sangat fleksibel. Ringan dan fleksibilitasnya  membuat  portabel dan amat mudah untuk disesuaikan di mana saja tanpa perlu perlakukan atau tambahan alat khusus. sel surya film tipis yang tahan pecah tampaknya tidak akan mudah rusak. Karena struktur ramping dari sel-sel ini bisa  diproduksi masal dalam rol , maka konsumen membayar lebih sedikit untuk pembangkit listrik miliknya terutama dari segi harga per watt.

Kelemahannya 

Sel surya film tipis lebih  murah dan dapat ditangani tanpa kerumitan dengan perawatan  minimal, tetapi mereka masih mencapai efisiensi yang lebih rendah dari panel solar tradisional. Teknologi film tipis menggunakan salah satu bahan yaitu silikon amorf (a-Si), tembaga indium gallium selenide (CIGS) atau telluride kadmium (CdTe). Silikon amorf dapat diturunkan dari panel surya tradisional tapi dua yang lain didasarkan pada logam berat. Produksi mereka mungkin murah dan lebih efisien dalam konversi sinar matahari tetapi bahan ini mencemari lingkungan. Kapasitasnya tidak dapat dihitung konstan karena  sinar matahari tidak bersinar saat malam hari dan saat  tertutup oleh awan  Nah masalah ini  dapat diabaikan dengan metode penyimpanan lebih efisien yang  dikembangkan untuk menghemat energi.

Dampaknya

Sel surya film tipis memiliki daftar panjang kelebihan dibandingkan dengan sel surya konvensional silicon . Satu-satunya kelemahan nyata modul matahari yang lain, efisiensinya masih  rendah. Untuk menghilangkan ini ilmuwan mencari jalan keluar. Teknologi baru sedang ditemukan untuk mencapai  efisiensi dengan energi sel surya film tipis. Dengan pertimbangan adanya kelebihan sel surya tipis,maka orang akan banyak tertarik untuk membeli panel ini  dan menginstalnya dalam rumah tangga untuk membangkitkan listrik mandiri  dari sumber daya yang terbarukan.


Solar cell tipis Produk Solartec
Sebagai hasil dari penelitian dan pengembangan, hari ini SOLARTEC dapat menghasilkan film tipis sel surya silikon, yang merupakan kombinasi dari silikon amorf dan mikrokristal silikon sel surya dengan menggunakan batch yang besar secara teknis disatukan dalam  film tipis silikon ke substrat kaca yang dapat menghasilkan efisiensi tinggi dan biaya lebih rendah. Selain itu, tersedia banyak bahan baku.



Penemuan dari Swiss
Para peneliti dari Swiss telah mengklaim rekor dunia baru dengan membuat solar sel yang mempunyai efisiensi hingga 18,7%  Menggunakan tembaga/copper indium gallium selenide (CIGS) yang fleksibel dan ditanam pada plastik. Sel surya Fleksibel CIGS ini memiliki potensi untuk menurunkan harga sel surya karena bahan ini lebih murah untuk diproduksi dan ini terobosan terbaru membawa mereka lebih dekat ke tingkat efisiensi tertinggi yang dicapai daripada silikon kristal dan sel rigid CIGS  

"Nilai rekor baru untuk sel surya CIGS fleksibel adalah 18,7% hampir menutup"celah efisiensi" untuk sel surya berbasis silikon poli kristal (Si) wafer atau sel CIGS film tipis yang digunakan pada kaca, " kata Ayodhya N. Tiwari, Kepala tim peneliti di Laboratorium Federal Swiss untuk Bahan Sains danTeknologi (Empa) Thin Film dan laboratorium Fotovoltaik  

Mengalahkan rekor sebelumnya yang memiliki efisiensi 17,6% oleh tim yang sama dicapai pada bulan Juni 2010 lalu, rekor baru ini dimungkinkan dengan terus menyempurnakan proses pertumbuhan  suhu rendah lapisan CIGS dan doping  dengan natrium selama tahap akhir pembuatan 

Para peneliti Empa mengatakan ini adalah pertama kalinya film polimer /plastik yang telah terbukti unggul untuk foil logam (yang membutuhkan pelapis hambatan tambahan) sebagai substrat dalam hal efisiensi dipercaya bahwa hasilnya dapat membuka jalan bagi produksi komersial CIGS modul surya dengan efisiensi diatas 16%. 

Perusahaan FLISOM  yang akan bekerja untuk membawa teknologi tersebut ke pasar 


Gambar Video : perbandingan sel surya generasi 2 dan generasi 3 dari Stanford University



Gambar Video : sel surya film untuk atap yang siap pakai 124 watt/lembar, konsumen tinggal membeli jumlah panel surya fleksibel disesuaikan dengan jumlah  watt listrik yang dibutuhkan untuk rumahtangga, atap mobil ,yacht,perkantoran dsbnya.

FLEXIBLE SOLAR PANEL 124 WATT ROLLABLE  PV  42 volt solar electric power


8 comments:

  1. Mas Edhi , dimana ya mendapatkan solar sell yang seperti diatas , saya pingin memulai penggunaan solar cell dari rumah saya , syukur-syukur para tetangga juga pada mau . terima kasih

    ReplyDelete
  2. yang jual cuma tuh orang yang ada diatas aja ya mas?.... ga ada yang lain.... greenpowerscience,.... masih ragu, too good to be true....dari scamdetective sih situs nya 100% trusted, tapi masih ragu beli nya....ada yang udah import tuh solar panel ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. =======RAHASIA MENHASILKAN UANG BERLIMPAH=========

      =======RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH======

      DILIRIK TEMPAT PESUGIHAN TAMPA TUMBAL DARI MANUSIA

      Jika Anda sudah capek dan lelah dengan status

      P7 – PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN PAS-PASAN

      dan Anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan

      kondisi finansial Anda… maka saya minta Anda dengarkan saya.

      Mungkin Anda adalah orang

      yang memiliki masalah :

      1.pemikiran tidak karuan

      2.Butuh Uang

      3 Butuh angka togel hasil ritual 100% tembus yang terjamin

      4.ingin buka usaha sendiri

      5 Memiliki Banyak Hutang

      6.Penghasilan Tidak Cukup

      7.selalu gagal setiap ada pekerjaan

      Semua masalah bisa di atasi

      Maka Anda sudah tepat sekali.

      berada di sini

      Anda PENASARAN Dan

      Ingin Tahu Rahasianya?

      LANGSUN AJA HBG BELIAU JANGAN DI RAGUKAN

      KY ARIF DI NO: (082-369-439-555)

      Saya sangat berterimakasih banyak kepada

      KY ARIF dan sayasudah punya usaha dan bisa melunasi semua hutang2 saya bakhan saya juga sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya bersama istri saya. itu semua atas bantuan PAK KY yang memberikan sulusi jalang menuju pesugihan mendapatkan uang , sudah banyak paranormal yg saya hubungi tapi tdk pernah membuahkan hasil, sehingga saya mencoba mengikuti ritual pesugihan KY ARIF dan alhamdulillah berhasil dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan>>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL<<<<<HBG BELIAU...!

      DI no 082-369 439 555 KY ARIF jangan percaya sama nomor ritual paranormal yg lain,nomor ritual KY ARIF meman selalu tepat dan terbukti.
      DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA KY ARIF SETIAP

      SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN

      BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI KY ARIF DI NO 082 369 439 555)v

      Delete
  3. bisa dapat dimana ya barang kayat itu ?, dimana dijual ?

    ReplyDelete
  4. Belinya dimana ya? Trus bisa gak kalo kerjasama...sy punya konsep tp butuh rekan

    ReplyDelete
  5. Saya bisa dpt replika di indonesia yah,...krn renc pake di Jendela,dinding dn Atap Ruko at Apartemen,..dn pingin dpt digerakkan dgn komputer....gmn bisa bantu konsep Saya sd realitynya!!??

    ReplyDelete
  6. Kira2 bisa di dapat di mana solar crll thin film ko susah amat yang katanya paling murah

    ReplyDelete