Monday, July 23, 2012

Konsep"Net Metering" Jual-Beli Listrik Sel Surya Rumahan Dengan PLN

How Solar Electric Works
gambar : hubungan listrik dari solar cell dengan jaringan listrik PLN 
1. panel sel surya 2. inverter 3. breaker box 4. penggunaan listrik utk rumahtangga
5. meter 6. jaringan listrik perusahaan/PLN

Kepedulian lingkungan akan kekhawatiran "Global warming"  perlu disikapi semua pihak.Pemakaian sel surya di perkotaan belum banyak dipakai karena penyimpan listriknya yang membutuhkan banyak baterai cair (aki/Lead acid) sehingga harganya jadi mahal. Pengadaan "Net Metering" oleh PLN diharapkan akan mendorong konsumen untuk mulai menggunakan sel surya yang ramah lingkungan di daerah tropis ini.Berikut ini uraian penjelasan detailnya.
Net Metering
Di lebih dari 35 negara, pelanggan yang memiliki sistem Sel Surya/PhotoVoltaik/PV  bisa mendapatkan keuntungan dari hukum dan peraturan yang memberikan nilai  net atau  "bersih" pembacaan meter listrik. Pelanggan dikenakan  tagihan bersih (net metering) untuk penggunaan listrik yang "dibeli "dari Perusahaan Listrik (mis: PLN) dikurangi "penjualan" listrik yang dihasilkan dari PV di siang hari. Di Net metering dihitung pemasukan dan pengeluaran listrik berdasarkan pemakaian kilowatt-jam ditambah biaya abunemen.Net Metering juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik energi angin. 

Manfaat Net Metering bagi konsumen sangat signifikan di berbagai bidang seperti Hawaii dan New York, yang memiliki tingkat pembayaran listrik rumahtangga yang tinggi. Perusahaan listrik juga diuntungkan karena energi surya yang dihasilkan sering bertepatan dengan periode permintaan "puncak" untuk kebutuhan listrik seperti untuk industri di siang hari, penggunaan lampu jalan di malam hari dan sebagainya..




how solar power worksNet+metering - Net Metering
Pada saat siang hari, pelanggan PLN dari perumahan dan perkantoran menjual kelebihan listrik dari pembangkit sel surya rumahan ke PLN melalui meter, sedangkan pada malam hari Konsumen membeli listrik PLN untuk keperluan lampu, AC,Kulkas disaat kekurangan pasokan dari energi matahari, demikian pula di saat cuaca mendung dan hujan. Konsumen dapat menjual listrik ke PLN di siang hari lebih mahal dibandingkan membeli di malam hari karena siang hari PLn menjual listrik lebih mahal untuk kegiatan industri. 


Net Metering yang angkanya dapat mundur apabila dapat masukan dari energi PV maupun energi angin

Pengguna PV tidak perlu mengganti aki yang rusak setiap periode 2 tahunan. Investasi akan lebih murah apabila banyak pabrik PV ada di Indonesia seperti PT.LEN yang membangun pabrik di Karawang dan mulai berproduksi tahun 2013.Bila harga listrik dari PV lebih murah dari harga PLN, maka akan banyak konsumen di perkotaan menggunakan PV apalagi bila dapat dilakukan dengan sistem kredit bunga rendah, garansi tingkat efisiensi penyerapan energi PV, insentif pajak dari pemerintah untuk energi ramah lingkungan,dll

Net Metering di Amerika 

Net Metering


Metering bersih memungkinkan meteran listrik untuk berjalan mundur. Perusahaan listrik akan membayar rumah atau bisnis untuk setiap kelebihan energi yang diberikan kepada jaringan mereka yang dihasilkan oleh panel surya atau turbin angin.(dari :  portlandwiki.org)

43 negara telah memiliki kebijakan Net metering,  tetapi aturannya  sangat bervariasi antara negara. Batas net metering Wyoming adalah 25kW , Arizona tanpa batas sedangkan erusahaan listrik California membatasi hanya sampai 5% dari permintaan puncak. Semua perusahaan listrik akan tetap membayar nilai energi yang dihasilkan rumahan ke perusahaan listrik negara.


Keterangan gambar video : 

Berikut adalah video cepat menunjukkan meter pada kotak meteran kami dan satu di sebelah kanan bergerak ke belakang. Kami memiliki 3 phase power, dan dengan demikian  meter ke 3. Panel surya yang terhubung ke meter di sebelah kanan dan rumah menggunakan listrik dari panel surya  dan kemudian mendorong setiap kelebihan daya dari panel surya ke grid. Ini disebut net metering, bila daya berlebih akan didorong ke grid. 

Berbeda bagian kedua yang  digunakan di rumah kita dari  meter ke 3. Nampak meter di sebelah kanan bergerak lebih cepat daripada meter di sebelah kiri, maka kita menghasilkan energi lebih dari yang kita butuhkan dari panel surya, dan selisih tersebut dimasukkan kembali ke listrik PLN. Hal Ini umumnya terjadi pada siang hari, mendorong kelebihan daya ke PLN. Lalu di malam hari kita akan menarik aliran listrik dari PLN, ketika panel surya tidak menghasilkan energi.


1 comment:

  1. Thanks for sharing http://janaloka.com/aplikasi-solar-panel-untuk-rumah-tangga/

    ReplyDelete