Friday, July 6, 2012

EV P002 : Mobil Listrik untuk Balapan Mendaki Bukit


Beberapa masyarakat meragukan mobil listrik dapat berjalan cepat dan meragukan dapat mampu menanjak. Menjawab hal tersebut, para ahli otomotif mengadakan kompetisi kecepatan dengan balap mobil dan kemampuan untuk menanjak bukit. Hal ini diharapkan akan dapat ditemukannya  teknologi baru untuk peningkatan kecepatan dari segi teknis permesinan maupun teknis baterai yang kuat. (admin) 


Jerman – Belum lama ini divisi balap Toyota Motorsport GmbH mengenalkan mobil balap listrik dengan baterai lithium keramik 42 kWh  dengan 2 motor listrik berjuluk EV P002.
Meski bertampang prototype open roof layaknya mobil balap ketahanan Le Mans, tapi ternyata mobil ini merupakan andalan Toyota di balapan mendaki bukit Pikes Peak International Hill Climb.

Tak ingin main-main, di balapan yang dihelat di Colorado, Amerika Serikat pada 8 Juli tersebut EV P002 dibekali dengan desain yang aerodinamis. Terlihat dari aplikasi bumper depan pipih dengan sirip udara tajam. Selain itu, ada pula aplikasi wing besar ala mobil GT di buritannya.

Sebagai sumber penggerak, mobil yang dikembangkan dari generasi sebelumnya, EV P001 ini dibekali baterai lithium ceramic 42 kWh yang siap menggerakan dua motor listrik berdaya 469 dk dengan torsi 900 Nm. Hasilnya, EV P002 mampu menyentuh top speed hingga 240 km/jam.

Nantinya EV P002 akan dikendarai oleh pereli Jepang, Fumio Natahara dan Toyota berharap mobil tanpa atap tersebut dapat meraih sukses di ajang tahunan tersebut. (mobil.otomotifnet.com)



Tambahan : Video Motor listrik ala mobil balap F-One



Electric car vs bike: Citroen Survolt vs Agni Z2






No comments:

Post a Comment