Thursday, July 19, 2012

Sel Surya Penghasil Listrik dan Sekaligus Air Panas



The Virtu Hybrid Solar Panel-solarfeeds.com

Perusahaan dari Inggris ini menggabungkan dua hal yang mengambil energi dari sumber yang sama. Gotong royong, seperti kebiasaan bangsa kita di masa lalu, itulah yang dilakukan dua benda yang berbeda itu. Di dalam setiap tabung ada sel photovoltaic, menghasilkan listrik. Sinar matahari yang mengenai sel surya tersebut menghasilkan panas tambahan yang ditransfer ke air menggunakan teknologi thermosyphon yang sudah dipatenkan.



Revolusi Menuju Energi Terbarukan – Panel sel surya dan pemanas air tenaga matahari sama-sama menangkap sinar matahari. Satunya mengubah sinar matahari menjadi tenaga listrik, sedangkan satunya lagi digunakan untuk memanaskan air. Kedua alat ini biasanya berdesakan memakan atap rumah, tapi sebuah perusahaan bernamaNaked Energy memiliki solusi untuk menggabungkan kedunya dalam satu alat bernama Virtu Tubes.



ukti.gov.uk
Transfer panas ini membuat sel photovoltaic beroperasi pada suhu operasi yang optimal sehingga desain hibrid ini memiliki efisiensi lebih tinggi dalam mengubah sinar matahari menjadi energi listrik, sekitar 46% lebih besar dari panel surya biasa. Keuntungan lainnya adalah panas yang diserap oleh air dapat digunakan untuk kepentingan yang lain misalnya mandi air hangat atau memanaskan ruangan. [Sumber berita dan gambar: Phys.Org]



Penerapan di atas atap bangunan-soundviewwindowanddoor.com
Sayangnya Virtu belum dipasarkan dan masih terus disempurnakan, baik desain maupun performa produknya. Naked Energy bekerja sama dengan para profesor dari Imperial College di London untuk menyempurnakan efisiensi produk ini. Perusahaan ini akan memasarkan Virtu setelah menurut mereka performa panel suryanya memuaskan.

No comments:

Post a Comment