Monday, July 23, 2012

Sel Surya Transparan Cocok Untuk di Kaca Rumah


Sel Surya transparan-youngrss.com
Para peneliti di University of California, Los Angeles (UCLA) telah menciptakan tipe baru  Polymer Solar Cell (PSC) transparan yang mampu menghasilkan listrik. Sel-sel ini bisa dipasang di jendela. Teknologi baru memungkinkan orang dalam bangunan untuk melihat ke luar karena obyekya  tampak transparan.

sel surya transparan-techeblog.com
Sel surya polimer tampak transparan yang dihasilkan dari cara penanganan pengolahannya.
Para peneliti menghasilkan PSC dari bahan plastik photoactive yang memiliki kemampuan untuk mengkonversi cahaya inframerah menjadi listrik. Bahan-bahan yang fleksibel, ringan dan dapat diproduksi dengan biaya rendah dan dalam jumlah besar. Sel-sel ini sekitar 70% tampak transparan oleh mata manusia dan tampak tidak menyerap cahaya . Cahaya yang diserap  hanya inframerah.

solarknowledge.blogspot.com
Riset dilakukan di Departemen  Kimia dan Biokimia. UCLA Henry Samueli dari Sekolah Teknik dan Sains Terapan UCLA, dan California NanoSystems Institute (CNSI), mengembangkan PSC dengan memasukkan cahaya inframerah didekat-sensitif polimer dan komposit film nanowire perak . Film ini digunakan sebagai elektroda transparan bagian atas. Polimer yang lebih sensitif terhadap kedekatan cahaya inframerah  dan menyerap lebih dari itu, sementara itu kurang sensitif terhadap cahaya yang ada.

rixinsolar.en.alibaba.com
Di masa lalu, elektroda logam buram digunakan sebagai konduktor. Dalam penelitian ini, tim peneliti menggunakan kombinasi nano partikel perak nanowire dan titanium dioksida  untuk menghasilkan elektroda. Mereka mencapai efisiensi daya konversi  4%. Tim ini mampu membuat sel surya dengan biaya murah tergantung pada cara prosesingnya.


Profesor ilmu materi dan teknik UCLA dan direktur Pusat Nano Energi Terbarukan di CNSI, Yang Yang menyatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan potensi dari PSC yang akan digunakan dalam jendela pintar, elektronik portabel, photovoltaics terintegrasi dalam bangunan, dan di aplikasi yang  lain.


Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal ACS Nano.


Sumber: http://www.ucla.edu/



mobil dengan sel surya transparan hexagonal di atapnya





No comments:

Post a Comment