Friday, July 6, 2012

3.000 Mobil Listrik Blue Car Mulai Disewakan di Paris





Pemerintah DKI Jakarta telah berupaya mengurangi polusi di pusat kota dengan busway berbahan bakar gas, Bajaj berbahan gas, Kereta Api Listrik (KRL) dan mungkin suatu saat perlu dibuat regulasi agar ribuan taksi di Jakarta yang belum menggunakan gas beralih ke mobil listrik seperti di Meksiko dan di Paris.(admin)   
Paris - Didanai oleh pemerintah kota, sebanyak 3.000 mobil listrik EVS akan dikerahkan di ibukota Perancis dan bisa disewa untuk perjalanan pendek dengan berbagai penawaran tarif. 
Agak mirip dengan layanan penyewaan mobil pada umumnya, namun program yang dinamakan Autolib ini akan jauh lebih murah daripada harus menyewa kendaraan pada jasa layanan kendaraan umum. 
Kalau mau berlangganan, selama sebulan anda cuma dikenakan biaya sewa sebesar Rp 140 ribu. Sementara kalau mau harian, silakan rogoh kocek sebanyak Rp 60 ribu untuk perjalanan singkat dalam kota. 


Mobil-mobil yang digunakan dalam program Autolib adalah Bluecars, model yang dikembangkan oleh Pininfarina untuk Bollore. Sebuah mobil lima pintu berdaya tampung empat kursi. 


Sementara tenaga penggeraknya berasal dari baterai Lithium Metal Polymere, yang bisa mengajak Bluecar ini berkeliling kota dengan jangkauan jarak sejauh 250 km dan kecepatan tertingginya mencapai 130 km/jam. Lumayan! 


Baterai tersebut dapat diisi ulang menggunakan soket perumahan biasa dan hanya memakan waktu beberapa jam untuk mengisi penuh. Daya tahannya juga lumayan lama, yakni sampai 200.000 km baterai ini bebas pemeliharaan. 


Produksi massal Bluecar akan berlangsung antara tahun 2011 dan 2017, dengan volume produksi diperkirakan pada tahun 2015 menjadi sekitar 60.000 unit. (mobil.otomotifnet.com) 

No comments:

Post a Comment