Friday, July 6, 2012

Bagaimana Daur Ulang Material Baterai Mobil Listrik ?



Meski terdengar ramah lingkungan, namun mobil hybrid atau elektrik juga memiliki kelemahan yang justru dapat merusak lingkungan. Bahaya tersebut diantaranya limbah baterai yang mengandung partikel logam berbahaya.
1. Mobil Honda

Dan sebagai langkah menanggulangi dampak kerusakan lingkungan akibat limbah baterai tersebut, pabrikan mobil Honda mengumumkan program daur ulang baterai mereka. Proyek ini dikembangkan bersama Japan Metals & Chemicals Co.

Cara mendaur ulang baterai Honda ini dengan cara mengekstrak bahan metal langka (rare earth metal) pada baterai bertipe nickel-metal hydride, yang saat ini dipakai oleh sebagian besar kendaraan hybrid dan elektrik. 

Nantinya, baterai bekas dari mobil Honda akan dikumpulkan dari konsumen melalui bengkel Honda baik di Jepang, atau di luar Jepang. Kemudian baterai dikirim ke pusat daur ulang. 

Di lokasi daur ulang tersebut, baterai bekas akan melewati proses mengapur dan penyortiran elemen serta ekstraksi. Selanjutnya saat bahan metal langka dan nikel mulai terpisah, kedua bahan terebut dapat digunakan kembali sebagai material baterai nickel-metal hydride yang baru  

Proses daur ulang ini diklaim mampu mengembalikan 80 persen metal langka dari baterai. Selain menghemat biaya, proses ini juga mampu menjaga lingkungan dari kerusakan akibat limbah baterai.(mobil.otomotifnet.com)







2.Toyota Prius




Toyota Prus dan mobil hybrid Toyota lainnya menggunakan baterai Nickel-metal hydride yang bisa dipakai hingga 10 tahun dengan jarak tempuh antara 240.000 km hingga 480.000 km. Dan sebagian sudah mulai banyak yang mengalami pergantian baterai.

Limbah Baterai ini tidak perlu dikhawatirkan karena faktanya semua bagian baterai ini bisa di daur ulang sehingga tidak menjadi polutan berbahaya. Seperti yang diuraikan oleh Toyota USA.

Menurut mereka, gejala baterai hybrid yang mulai kehilangan kemampuan menyimpan listrik yakni lampu pada instrument panel akan menyala dan tenaga yang dikirim ke roda mulai susut. Jika terjadi, pemilik diharap membawa mobilnya ke dealer. 

Selanjutnya, baterai akan dibawa ke pusat daur ulang. Lalu baterai dibongkar, komponen-komponen berharga seperti nickel dan rare-earth elements diambil. Modul baterai kemudian di kuras arus listriknya. 

Nickel biasanya dikirim ke peleburan untuk di daur ulang menjadi bahan baku pembuatan stainless steel. Cangkang penutup baterai di di daur ulang. Plastik-plastiknya diparut lalu di daur ulang. 

Kebiasaan di Amerika, pemilik mobil yang baterainya sudah mulai soak juga sudah siap untuk ganti mobil baru. Karena dealer bisa menawarkan mobil hybrid bekas dengan baterai baru. 

Hal Ini akan membantu membangun pasar mobil bekas hybrid. Dengan kecenderungan semakin turunnya harga baterai untuk hybrid, maka  bisa menjadi bisnis yang menguntungkan untuk dealer. Dan untuk memudahkan proses daur ulang, disetiap baterai dicantumkan nomer telepon untuk mendapatkan informasi tentang lokasi dan proses daur ulang baterai.




No comments:

Post a Comment