Saturday, February 22, 2014

Bagaimana Teknologi Menarik Batu 100 ton Zaman Dulu di China?


Sedikit Informasi yang kita ketahui dari mahakarya arsitektur masa lampau yang didirikan di tengah keterbatasan teknologi dan ilmu pengetahuan. Tapi toh, mereka tetap kokoh hingga saat ini.
Ada saja yang menduga, campur tangan magis atau jin berperan. Benar atau tidak, itu soal lain. Namun, setiap manusia di segala zaman punya cara dan taktik sendiri. Seperti yang terungkap baru-baru ini pada bangunan yang relatif baru: Kota Terlarang (Forbidden City).

Terletak di jantung Kota Beijing, China, Kota Terlarang menjadi kediaman para Kaisar Tiongkok selama hampir 500 tahun. Dari Dinasti Ming dan Qing. Istana megah itu dibangun sejak 1406, terdiri dari 980 bangunan dan luasnya 720 ribu meter persegi. Butuh waktu 14 tahun dan keringat jutaan pekerja untuk mewujudkannya.
Meski kekaisaran telah runtuh, keberadaan kaum bangsawan tinggal masa lalu, istana tersebut tetap kokoh berdiri hingga kini. Menjadi landmark Beijing sekaligus destinasi wisata populer.
Dahulu kala, di masa pembangunannya, batu-batu raksasa ditambang dan dikirim ke lokasi Kota Terlarang di Abad ke-15 dan 16. Yang terbesar adalah Ukiran Batu Besar yang beratnya kini mencapai lebih dari 220 ton. Namun, dulu ia berbobot 330 ton, sebelum terkikis waktu.
Seperti dimuat Daily Mail, 5 November 2013, banyak batu besar berasal dari pertambangan yang berjarak 70 kilometer dari lokasi Kota Terlarang. Lalu bagaimana cara mengangkutnya?
       
Orang-orang di China telah mengenal dan mengembangkan teknologi roda sejak sekitar 1.500 tahun Sebelum Masehi. Namun, bukan itu juga jawabannya. Mereka punya cara yang lebih efisien.
Jiang Li, insinyur dari University of Science and Technology Beijing, menerjemahkan dokumen tua berusia 500 tahun, yang bertanggal 1557.
Naskah tua itu mengungkap, batu-batu besar berukuran panjang 9,5 meter dan berat 135 ton dipindahkan dengan cara ditarik di permukaan lapisan es selama musim dingin. Untuk mengetahui mengapa cara itu dipilih untuk menarik batu raksasa, 3.000 tahun setelah perkembangan roda, Li dan para koleganya membandingkan jumlah energi yang dikeluarkan.
“Awalnya kami tak yakin apa yang akan kami pelajari,” kata salah satu penulis studi, Howard Stone, insinyur dari Princeton University,  LiveScience.
Ahli bahkan berpendapat, cara itu lebih efisien daripada penggunaan kayu sebagai gelindingan– yang diyakini telah digunakan dalam pembangunan banyak monumen batu kuno. Pun dibanding penggunaan kereta kuda.
Sumur Tiap 500 Meter
Naskah kuno yang diterjemahkan Li mengungkap bagaimana para pekerja membentuk jaringan jalan dan sumur — yang digali setiap 500 meter, supaya airnya bisa dihangatkan lalu disiramkan ke lapisan es di musim dingin, untuk melicinkannya. Biar batu lebih gampang ditarik.
Musim dingin di Beijing 600 tahun lalu cukup dingin untuk membuat jalanan beku, namun es terlalu keras, sehingga diperlukan air hangat sebagai pelicin.
Para ilmuwan mengkalkulasi, dengan cara itu hanya dibutuhkan tenaga kerja berjumlah 46 orang untuk menarik batu seberat 123 ton dari tambang ke Forbidden City.
Jika tak memakai air hangat, dibutuhkan 338 orang. Lebih parah lagi, untuk menarik beban yang sama di atas permukaan tanah bebas es akan membutuhkan lebih dari 1.500 pria!
Para ilmuwan memperkirakan bahwa kecepatan rata-rata batu seberat 123 ton meluncur di es basah sekitar 8 centimeter per detik. Cukup cepat sebelum air pelicin ikut membeku. Para peneliti menduga, para pekerja saat itu lebih senang menggunakan cara itu dibanding kereta yang ditarik kuda atau keledai.
Apalagi, kereta beroda waktu tidak akan mampu mendukung berat batu-batu besar, yang maksimum hanya mampu menarik beban 95 ton.
Jalan es dan para pekerja juga lebih dapat diandalkan daripada keledai dan gerobak. Apalagi, para arsitek Kota Terlarang khawatir tentang nasib bahan bangunan yang berupa batu-batu mahal.
“Luar biasa jika memikirkan bahwa proyek sebesar ini terjadi 500 sampai 600 tahun lalu. Dengan perencanaan dan koordinasi matang yang diperlukan untuk mewujudkannya,” kata Stone.
Temuan Li, Stone, dan kolega mereka, Haosheng Chen dijelaskan secara detil dalam jurnal ilmiah,Proceedings of the National Academy of Sciences yang terbit 4 November 2013.

Info terkait dapat dilihat di : http://teknotrek.blogspot.com/

1 comment:

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb perkenalkan saya seorang TKW ARAB SAUDI
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampung, jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan AKI BROMO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul-betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI, akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI BROMO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor, dan nomor yg diberikan AKI BROMO memang betul-betul terbukti tembus 100% dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI BROMO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,mungkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI, sekali lagi makasih yaa KI atas bantuannya dan bagi teman-teman yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi (AKI BROMO) di nomor 085-288-958-758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah membuktikan sendiri keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi… insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar-benar kisah nyata dari saya seorang TKW... JIKA ANDA KURANG YAKIN ATAU KURANG PERCAYA >>>>>KLIK DISINI<<<<<

    SEKEDAR INFO: SEDIKIT BANTUAN DARI AKI BROMO.???
    1.MASALAH EKONOMI
    2.TERLILIT HUTANG
    3.PESUGIHAN
    4.DANA GAIB/UANG BALIK
    5.PENGLARIS BISNIS
    6.TOGEL
    7.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    8.MASALAH RUMAH TANGGA DAN LAIN-LAIN.

    Jadi kepada teman-teman yang lagi mengalami masalah, jangan anda putus asah,,,(AKI BROMO) akan membantu anda semua dalam berbagai suatu masalah dan ingin merubah nasib anda seperti saya apa bila ada waktu silahkan hubungi (AKI BROMO) Di Nomor: 085-288-958-758 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya ALLAH apa yang anda ingingkan pasti tercapai.
















    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.

    ReplyDelete