Friday, May 25, 2012

Charging Baterai Mobil Listrik dari Nissan yang Lebih Cepat



Nissan meluncurkan inovasi terbaru dan pertama untuk pengisian (charging) baterai mobil listrik dan dapat mengisi dalam waktu singkat yakni hanya 10 menit.
Saat ini, untuk mengisi energi baterai lithium-ion dibutuhkan waktu hingga 8 jam. Karena dinilai terlalu lama Nissan dan Universitas Kansai bekerjasama dan berhasil menemukan teknologi baru untuk mempercepat pengisian ulang baterai milik mobil listrik.
Para peneliti menjelaskan, penggunaan kapasitor baru yang mampu mengisi baterai dalam 10 menit dengan kekuatan sama dengan baterai lithium-ion yang di-charge dalam waktu 8 jam.


Kapasitor ini terus diuji dengan pengulangan pengisian berulang kali dan tidak ditemukan permasalahan durabilitasnya.  Bahkan para peneliti ini sedang mengembangkan riset untuk pengisian yang lebih cepat, yakni hanya 3 menit.Kemungkinan teknologi baterai mobil listrik teranyar ini baru dapat dikembangkan massal dalam satu dekade ke depan. Nissan berharap penemuan baru ini bisa membuat mobil-mobil listrik akan menjadi lebih murah.
dari : solusimobil.com


baterai Nissan leaf




No comments:

Post a Comment