Sunday, March 24, 2013

Tongkat Teknologi Digital Untuk Orang Lanjut Usia


Tongkat Digital untuk Lansia
Semakin makmur seseorang atau masyarakat secara ekonomi maka akan lebih mudah akses ke kesehatan sehingga umur menjadi lebih panjang dan orang Lanjut Usia (Lansia) semakin banyak. Secara fisik Lansia pasti berkurang kemampuannya untuk mendengar, bergerak , reflek motorik, penglihatan dan sebagainya. Peluang ini oleh Industriawan dijawab dengan memproduksi tongkat digital multifungsi yang rinciannya sebagai berikut (admin)


Perusahaan raksasa teknologi Jepang, Fujitsu mengembangkan tongkat yang dapat membantu lansia menemukan jalan. Tongkat tersebut juga dilengkapi dengan monitor denyut jantung dan suhu badan


BBC melaporkan lokasi tongkat dapat diikuti secara online. Jika pengguna terjatuh, tongkat tersebut juga dapat mengirimkan email pemberitahuan. Teknologi tersebut dikembangkan mengingat populasi lansia di Jepang semakin banyak.
Perangkat purna rupa yang diumumkan di pameran di Barcelona dilengkapi dengan teknologi koneksi seperti GPS, 3G, dan wifi. Tongkat tersebut juga memiliki layar LED di atas pegangan. Jika ada perubahan arah, tongkat bergetar dan tanda panah akan muncul. 
Meski didesain untuk lansia, Fujitsu mengatakan tongkat tersebut juga dapat digunakan untuk orang berkebutuhan khusus. Data dari tongkat tersebut akan dikembalikan ke komputer pengguna. Karena itu, keluarga dapat melihat lokasi pengguna dan sejumlah data lain seperti tingkat denyut jantung. 
Jika tongkat mendeteksi denyut jantung yang tidak biasa, dia akan secara otomatis memanggil layanan darurat. 
Selain tongkat tersebut, Fujitsu juga memperkenalkan telpon pintar untuk lansia dan pengguna dewasa. Telepon bernama Stylistic tersebut dapat mengganti frekuensi suara sehingga dapat mempermudah pendengaran lansia.Via : republika.co.id

No comments:

Post a Comment