Thursday, December 5, 2013

Bangunan yang Energi Listriknya dari Ganggang


Bangunan Ini merupakan bangunan pertama didunia yaitu BIQ House, yang memanfaatkan ganggang (algae) sebagai sumber listrik untuk bangunan tersebut.




Bangunan BIQ House ini merupakan sebuah bangunan yang dibuat sebagai proyek kerjasama antara Splitterwerk,Arup dan SSC, yang diharapkan bisa menjadi bangunan masa depan yang ramah lingkungan.


Untuk pemanfaatan ganggang (algae) sebagai salah satu sumber yang bisa menghasilkan energi listrik (bio-diesel) merupakan hal yang bukan pertama kali dilakukan, namun untuk pemanfaatan pada bangunan, BIQ House inilah bangunan pertama yang memanfaatkan ganggang (algae) sebagai sumber listrik.

Bagaimana sistem kerjanya, sehingga dari ganggang ini bisa menghasilkan sumber listrik?

Pada bangunan ini ada jendela khusus yang mirip sebuah kotak dimana di dalamnya diisi dengan ganggang, dan ganggang ini akan terus tumbuh dan akhirnya akan menutupi sinar matahari yang akan masuk ke dalam gedung.




Selain itu, jendela tersebut juga bisa berfungsi sebagai penyerap panas dan panas tersebut nantinya bisa disalurkan ke hal lain seperti memberikan panas ke tangki air panas atau tempat lainnya yang butuh pemanasan.



Ganggang yang akan berkembang atau tumbuh sangat cepat karena adanya sinar matahari yang cukup, selebihnya dari ganggan itu akan dipindah ke mesin konversi yang akan mengubah ganggang menjadi sumber listrik atau disebut dengan bio-diesel.

Dan dari listrik yang dihasilkan itulah yang dipakai untuk kebutuhan listrik bangunan BIQ House.
Via : inhabitat



  • Tenaga Ganggang yang menghasilkan listrik 40 megawatt (MW) di Pelabuhan Venesia
Roma - Pelabuhan Venesia Italia akan membangun PLTG. Bukan Pembangkit Listrik Tenaga Gas yang dimaksud, tapi tenaga Ganggang yang akan menghasilkan listrik 40 megawatt (MW).

Ganggang alias algae merupakan salah satu tanaman tertua alias primitif di muka bumi. Beberapa perusahaan berlomba menemukan manfaat dan mengkomersilkan ganggang sebagai sumber energi. Caranya, dengan mengubahnya menjadi minyak sayur, yang menjadi bahan biodiesel dan bahan bakar lain.

Di Venesia, ganggang di budidayakan di laboratorium, dengan menaruhnya di silinder plastik. Dalam silinder itu, air, karbon dioksida (CO2) dan sinar matahari berinteraksi melakukan fotosintesis, pemasakan makanan sendiri bagi tumbuhan. 

Biomassa yang dihasilkan fotosintesis itulah yang akan digunakan untuk memproduksi bahan bakar yang akan memutar turbin. Karbon dioksida yang dihasilkan dari proses pembakaran itu dikembalikan lagi ke ganggang, untuk dipakai lagi sebagai bahan fotosintesa. Hasilnya, emisinya nol.

Seperti dikutip dari Reuters,  pembangkit listrik itu mulai beroperasi dalam waktu dua tahun ke depan. Listrik yang dihasilkan adalah 40 MW. Kebutuhan pelabuhan itu adalah 7 MW, sisa energi yang dihasilkan untuk memenuhi energi bagi kapal-kapal yang sedang sandar.

Pembangkit listrik bebas emisi ini membantu menjaga keseimbangan ekologi kota di atas air ini. "Pembangkit akan dibangun bekerja sama dengan perusahaan energi terbarukan Enalg senilai US$ 272 juta (Rp 3,1 triliun)," ujar juru bicara Otoritas Pelabuhan Venesia.

Selain pembangkit listrik tenaga ganggang, otoritas pelabuhan juga berencana membangun taman sel fotofoltaik yang bisa menghasilkan 32 MW tenaga matahari.Via : detiknews

1 comment:

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb perkenalkan saya seorang TKW ARAB SAUDI
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampung, jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan AKI BROMO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul-betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI, akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI BROMO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor, dan nomor yg diberikan AKI BROMO memang betul-betul terbukti tembus 100% dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI BROMO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,mungkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI, sekali lagi makasih yaa KI atas bantuannya dan bagi teman-teman yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi (AKI BROMO) di nomor 085-288-958-758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah membuktikan sendiri keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi… insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar-benar kisah nyata dari saya seorang TKW... JIKA ANDA KURANG YAKIN ATAU KURANG PERCAYA >>>>>KLIK DISINI<<<<<

    SEKEDAR INFO: SEDIKIT BANTUAN DARI AKI BROMO.???
    1.MASALAH EKONOMI
    2.TERLILIT HUTANG
    3.PESUGIHAN
    4.DANA GAIB/UANG BALIK
    5.PENGLARIS BISNIS
    6.TOGEL
    7.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    8.MASALAH RUMAH TANGGA DAN LAIN-LAIN.

    Jadi kepada teman-teman yang lagi mengalami masalah, jangan anda putus asah,,,(AKI BROMO) akan membantu anda semua dalam berbagai suatu masalah dan ingin merubah nasib anda seperti saya apa bila ada waktu silahkan hubungi (AKI BROMO) Di Nomor: 085-288-958-758 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya ALLAH apa yang anda ingingkan pasti tercapai.
















    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.

    ReplyDelete