Saturday, April 18, 2015

Pembangkit Listrik Sel Surya Dengan Cairan Garam di Nevada

 

Belajar dari alam bahwasanya air laut yang mengandung garam lebih hangat di malam hari daripada air tawar, para ahli meneliti dan memanfaatkan cairan air garam tersebut untuk menyimpan panas dari matahari dan menguapkan air tawar sebagai penggerak turbin uap
 

Departemen Energi menginvestasikan $ 737.000.000 ke Proyek Solar Energy Crescent Dunes di Nevada yang akan menghasilkan energi di siang dan malam hari dengan menggunakan garam cair sebagai media penyimpanan energi. Untuk melakukan hal ini disiapkan hampir 20.000 heliostats yang mengarah fokus terhadap menara air yang diisi dengan cairan garam yang  menjadi panas hingga 1.050 derajat Fahrenheit (565 derajat Celcius).

 
Cairan garam yang dipanaskan di siang hari tersebut akan mempertahankan energi panasnya untuk waktu yang lama. Setelah dicampur air akan menghasilkan uap yang dapat digunakan untuk menggerakkan turbin penghasil listrik.

 

Pembangkit listrik Garam cair di  Nevada akan dioperasikan oleh para ilmuwan roket dari Pratt dan Whitney. Perusahaan SolarReserve telah memperjuangkan penggunaan garam cair dalam proyek-proyek panas matahari karena tidak seperti air, cairan garam bisa tetap panas untuk jangka waktu yang lama. Dalam hal ini, diharapkan pembangkit listrik akan terus menghasilkan tenaga selama 12 jam setelah matahari terbenam. 

 
 
The National Solar Thermal Test Facility telah melakukan beberapa penelitian dan menyimpulkan bahwa garam cair adalah bahan yang paling efisien  untuk menyimpan panas matahari.
 
Dalam laporan tersebut, dinyatakan bahwa, "garam cair digunakan dalam sistem menara tenaga surya karena cair pada tekanan atmosfer, garam selalu banyak tersedia di alam sehingga biayanya bisa murah dan   efisien untuk menyimpan energi panas, suhu yang dihasilkan dapat mengoperasikan secara  kompatibel setiap hari yang menghasilkan tekanan tinggi untuk penggerak turbin uap model konvensional yang tidak mudah terbakar dan tidak beracun.
Pembangkit listrik ini tidak memerlukan back-up bahan bakar fosil. 
sumber : inhabitat.com dll










Kelebihan pembangkit listrik ini

Di tabel berikut ini dapat dilihat perbandingan sistem pembangkit listrik untuk kapasitas 200 MW



Installed cost of energy storage for a 200 MW plant
($/kWhre)
Lifetime of storage system
(years)
Round-trip storage efficiency
(%)
Maximum operating temperature
(C/ºF)
Molten-Salt Power Tower303099567/1,053
Synthetic-Oil Parabolic Trough2003095390/734
Battery Storage Grid Connected500 to 8005 to 1076N/A

sumber :electrical-engineering-portal.com/solar-power-tower

2 comments:


  1. ASS..WR.WB.SAYA IBU RITA TKI HONGKONG INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA MBAH GENEP,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN MBAH SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN KEBUN YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH GENEP,YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA 4D HONGKONG KEPADA SAYA DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI NO HP: (-085-110-369-888-) MBAH GENEP JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL MBAH GENEP SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI..

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.Wr.Wb perkenalkan saya seorang TKW ARAB SAUDI
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampung, jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan AKI BROMO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul-betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI, akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI BROMO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor, dan nomor yg diberikan AKI BROMO memang betul-betul terbukti tembus 100% dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI BROMO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,mungkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI, sekali lagi makasih yaa KI atas bantuannya dan bagi teman-teman yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi (AKI BROMO) di nomor 085-288-958-758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah membuktikan sendiri keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi… insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar-benar kisah nyata dari saya seorang TKW... JIKA ANDA KURANG YAKIN ATAU KURANG PERCAYA >>>>>KLIK DISINI<<<<<

    SEKEDAR INFO: SEDIKIT BANTUAN DARI AKI BROMO.???
    1.MASALAH EKONOMI
    2.TERLILIT HUTANG
    3.PESUGIHAN
    4.DANA GAIB/UANG BALIK
    5.PENGLARIS BISNIS
    6.TOGEL
    7.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    8.MASALAH RUMAH TANGGA DAN LAIN-LAIN.

    Jadi kepada teman-teman yang lagi mengalami masalah, jangan anda putus asah,,,(AKI BROMO) akan membantu anda semua dalam berbagai suatu masalah dan ingin merubah nasib anda seperti saya apa bila ada waktu silahkan hubungi (AKI BROMO) Di Nomor: 085-288-958-758 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya ALLAH apa yang anda ingingkan pasti tercapai.
















    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.

    ReplyDelete