Tuesday, August 4, 2015

Inovasi : Jalan Raya dari Plastik Daur Ulang di Belanda


Di Belanda, Jalan Raya Tak Pakai Aspal Lagi, Tapi Plastik 
Banyak alternatif bahan/material untuk membuat jalan raya seperti yang ada pada saat ini yaitu dari material aspal dan  paving block. Jalan raya di masa depan dapat dibuat dengan berbagai material yang salah satunya menggunakan limbah plastik daur ulang yang ramah lingkungan
 
 Dilansir TheGuardian, Selasa 4 Agustus 2015, baru-baru ini sebuah rencana 'gila' disampaikan dewan kota Rotterdam, Belanda. Dimana mereka akan menciptakan jalan raya yang dibuat dari plastik.

Ya, itu terdengar mengejutkan. Jalan plastik itu terbuat dari botol-botol plastik daur ulang, dan diklaim dapat ramah lingkungan, serta lebih dapat diandalkan ketimbang aspal. Perusahaan yang melakukan proyek itu ialah VolkerWessels.

Dalam sebuah keterangan, perusahaan konstruksi itu mengklaim jika jalan raya dari plastik daur ulang lebih tahan panas dibandingkan aspal, dengan rentang suhu antara -40 derajat Fahrenheit hingga 176 derajat Fahrenheit.

Selain itu, jalan plastik ini tidak akan mudah retak. Bila terjadi kerusakan, proses penambalan yang dilakukan pun lebih mudah.

"Plastik menawarkan segala macam keuntungan dibandingkan dengan pembangunan jalan saat ini, baik dalam meletakkan jalan dan pemeliharaan. Jalan-jalan plastik lebih ringan, mengurangi beban pada tanah, dan berongga, sehingga lebih mudah untuk memasukkan kabel dan pipa-pipa di bawah permukaan," kata Rolf Mars, Direktur VolkerWessels.

Selain itu, karena menggunakan material yang sederhana, biaya perawatan pun akan jauh lebih rendah. Termasuk lebih sedikit kemacetan yang disebabkan karena perbaikan jalan.

Mars mengatakan, proyek jalan plastik ini masih pada tahap konseptual, namun perusahaan berharap agar dapat melakukannya dalam tiga tahun mendatang. Kota Rotterdam di Belanda siap menjadi kota pertama yang mengaplikasikan jalan raya plastik ini.



Sementara itu, pejabat berwenang dewan kota Rotterdam, Jaap Peters, mengatakan, pihaknya menyambut positif inovasi terbaru ini.

"Kami sangat positif terhadap perkembangan jalan yang bisa dibuat dari bahan plastik daur ulang. Rotterdam adalah kota yang terbuka untuk eksperimen dan bisa beradaptasi dengan inovasi yang akan dipraktikkan. Kami memiliki 'lab jalan' yang tersedia di mana inovasi seperti ini dapat diuji," kata dia.


Kelebihan Jalan Berbahan Plastik 
  •  Jalan lebih ringan  dapat mengurangi beban ke tanah
  •  Jalan berongga untuk memasukkan kabel dan pipa2 dibawah permukaan  
  • Perbaikannya mudah sehingga mengurangi kemacetan jalan
  • Bahan jalan dari plastik daur ulang dapat mengurangi beban sampah  plastik rumahtangga
  • Jalan raya dari plastik daur ulang lebih tahan panas dibandingkan aspal, dengan rentang suhu antara -40 derajat Fahrenheit hingga 176 derajat Fahrenheit.


 Gambar Video 

Plastic, sustainable and quick Road idea seeks takeoff 

 




1 comment:

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb perkenalkan saya seorang TKW ARAB SAUDI
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampung, jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan AKI BROMO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul-betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI, akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI BROMO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor, dan nomor yg diberikan AKI BROMO memang betul-betul terbukti tembus 100% dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI BROMO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,mungkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI, sekali lagi makasih yaa KI atas bantuannya dan bagi teman-teman yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi (AKI BROMO) di nomor 085-288-958-758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah membuktikan sendiri keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi… insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar-benar kisah nyata dari saya seorang TKW... JIKA ANDA KURANG YAKIN ATAU KURANG PERCAYA >>>>>KLIK DISINI<<<<<

    SEKEDAR INFO: SEDIKIT BANTUAN DARI AKI BROMO.???
    1.MASALAH EKONOMI
    2.TERLILIT HUTANG
    3.PESUGIHAN
    4.DANA GAIB/UANG BALIK
    5.PENGLARIS BISNIS
    6.TOGEL
    7.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    8.MASALAH RUMAH TANGGA DAN LAIN-LAIN.

    Jadi kepada teman-teman yang lagi mengalami masalah, jangan anda putus asah,,,(AKI BROMO) akan membantu anda semua dalam berbagai suatu masalah dan ingin merubah nasib anda seperti saya apa bila ada waktu silahkan hubungi (AKI BROMO) Di Nomor: 085-288-958-758 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya ALLAH apa yang anda ingingkan pasti tercapai.
















    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.

    ReplyDelete