Tuesday, August 4, 2015

Pesawat Tanpa Awak (Drone) Komersil dan Peraturannya

 Swiss Mulai Kembangkan Jasa Antar Barang oleh Drone

Pesawat udara tanpa awak (Drone) selain untuk pertahanan-keamanan negara dan penelitian juga digunakan untuk kepentingan komersil seperti pemotretan, pemfilman, pemetaan, penyemprot hama dan/atau penabur benih pada areal pertanian/perkebunan. Pemerintah Indonesia telah membuat peraturan untuk penggunaan Drone tersebut. Berikut ini ada beberapa penggunaan Drone non militer.Facebook Rakit Drone Internet

1. Drone untuk Internet dari Facebook

Pesawat tanpa awak yang memiliki bentangan sayap sama seperti Boeing 737 tersebut akan beroperasi di ketinggian 27 km di udara, dan bisa terbang sampai 90 hari

Drone tersebut bisa memberikan akses internet dengan kecepatan 10 gigabit per detik (AP via BBC Indonesia)
Facebook sedang merakit pesawat tanpa awak untuk membawa akses internet ke belahan dunia terpencil, menurut situs jejaring sosial tersebut.

Menurut Facebook, drone tersebut bisa memberikan akses internet dengan kecepatan 10 gigabit per detik dan akan diuji di Amerika Serikat pada akhir tahun.
Menurut Jay Parikh, wakil presiden teknik dan infrastruktur Facebook, desain drone ini dibuat di Inggris oleh tim ruang angkasa Facebook.

"Tujuan kami adalah untuk mempercepat pengembangan teknologi yang bisa secara drastis mengubah ekonomi penyebaran infrastruktur internet," kata Parikh.
"Kami tengah menjajal beberapa pendekatan berbeda untuk mengatasi tantangan ini, termasuk pesawat, satelit, dan solusi di permukaan tanah.
"Niat kami bukan untuk membangun jaringan ini lalu mengoperasikannya sendiri, tapi untuk mempercepat kemajuan teknologi ini sampai menjadi solusi yang bisa digunakan oleh operator dan partner lain."

Laser

Drone ini adalah inisiatif terbaru dalam skema internet.org Facebook, proyek yang dirancang untuk membawa internet ke negara-negara berkembang.
Strategi ini akan membantu Facebook untuk meningkatkan jumlah pengguna, persyaratan utama yang akan memuaskan para investor. Menurut Parikh, teknologi drone ini harusnya dilihat sebagai terobosan signifikan.

"Mereka merancang dan menguji pancaran laser yang bisa dengan tepat menghantarkan data dengan kecepatan 10 Gb per detik - sekitar 10 kali lebih cepat dari kecepatan terbaik yang ada - pada target seukuran koin uang dengan jarak 16 km.£
"Kini kami mulai menguji laser ini di kondisi dunia nyata."
"Jika sudah selesai, sistem komunikasi laser kami ini bisa dipakai untuk menghubungkan drone kami dengan satu sama lain dan ke permukaan Bumi. Ini memungkinkan kami membuat jaringan stratosfer yang menjangkau bahkan bagian paling terpencil di dunia."

Meski begitu, ada dugaan bahwa ekspansi Facebook di luar bisnis utamanya ini punya tujuan yang jahat. Internet.org membuat marah komunitas teknologi di India saat diluncurkan di sana. Facebook menawarkan akses mobile internet gratis ke beberapa situs, tapi bukan ke keseluruhan internet.

Perusahaan-perusahaan internet di negara tersebut mengatakan bahwa langkah tersebut memberi keunggulan yang tak adil di pasar. Mereka juga mengingatkan bahwa Facebook dapat melacak apa saja yang dilakukan oleh pengguna dalam layanan tersebut.
via BBC Indonesia
 

2. Drone untuk Pengantar Es Krim Di ShenzenDi Shenzen, Es Krim Diantarkan Menggunakan DronePhantom 3. (DJI, via Wikimedia Commons)


Perusahaan taksi Uber, melakukan beberapa terobosan menarik yang mampu memikat perhatian warga.
Di Washington DC, Uber mengadakan sejumlah promosi yang melibatkan pengiriman kucing dan anjing untuk waktu yang singkat di siang hari. Di Shenzen, Tiongkok, Uber bahkan bisa mengantarkan es krim kesukaan anak-anak dengan menggunakan drone!

Drone yang digunakan berupa drone quadcopter Phantom 3. Drone tersebut dibuat dan diterbangkan oleh drone raksasa DJI yang berbasis di Tiongkok, dengan kantor pusat di Shenzen.
Drone Phantom 3 dilengkapi dengan sistem keamanan yang ditempatkan di rotor, berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan jika terjadi kecelakaan.


3. Drone untuk Antar Barang di Swiss

Jika uji coba ini berhasil, bersiaplah untuk menyaksikan drone berseliweran di langit Swiss, mengantarkan surat dan paket.

Swiss Mulai Kembangkan Jasa Antar Barang oleh Drone 
Swiss Post bekerja sama dengan Swiss WorldCargo tengah mengembangkan jasa pelayanan antar barang dengan drone. (Jean-Christophe Bott/EPA)
Swiss Post, pelayanan post Swiss pada Selasa (7/7) lalu memulai uji coba pengiriman paket menggunakan drone.

Drone yang digunakan merupakan jenis quadcopter, dengan empat baling-baling putih mengangkat kotak jingga dengan logo Swiss Post yang tertera di atasnya. Drone itu mampu mengangkat muatan seberat lebih dari satu kilogram ke lokasi tujuan yang jauhnya lebih dari 10 kilometer, hanya dengan pengisian daya dari satu baterai saja.
Swiss Post yang bekerjasama dengan Swiss WorldCargo ini berupaya untuk menguji coba drone tersebut secara menyeluruh hingga akhir Juli nanti, sebelum menggunakannya dalam skala yang lebih luas. “Ada sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum drone ini bisa diluncurkan untuk penggunaan komersial,” jelas perusahaan tersebut, seperti yang dikutip The Guardian, Rabu (8/7).

Persyaratan yang dimaksud, di antaranya adalah penyelidikan  peraturan yang akan berlaku untuk mengirim pesawat tak berawak itu ke seluruh Swiss, di mana ada banyak sekali desa-desa terpencil dan terisolasi yang akan sangat terbantu oleh kehadiran drone.
Tak hanya itu, sejumlah tes ekstensif juga akan dilakukan guna mengetahui batasan teknis dari drone yang akan digunakan, termasuk daya tahan baterai yang terbatas.

Untuk saat ini, Swiss Post baru memanfaatkan jasa delivery oleh drone untuk keadaan-keadaan darurat, seperti mengirim bantuan berupa bahan makanan untuk daerah-daerah terpencil yang mengalami bencana.


4. Drone untuk  Awasi Ujian Masuk perguruan Tinggi di Tiongkok

Teknologi modern berupa wahana terbang nirawak mulai dipakai untuk mengawasi ujian saringan masuk perguruan tinggi karena banyak cara untuk berlaku nakal saat ujian. Termasuk menggunakan berbagai gawai dan pernak-pernik elektronik canggih. Maka pihak pengawas pun dituntut selalu up-to-date agar tak dikadali para peserta.

Inilah yang terjadi di di provinsi Luoyang, Tiongkok. Teknologi modern berupa drone alias wahana terbang nirawak mulai dipakai untuk mengawasi ujian saringan masuk perguruan tinggi.

Setiap tahun ada jutaan orang di Tiongkok mengikuti ujian yang berlangsung selama dua hari tersebut. Dikenal dengan sebutan "gaokao", ujian saringan masuk macam SNMPTN di Indonesia ini sangat membuat stres dan menentukan arah karir dalam hidup sang peserta.
Dalam situasi seperti itu pastilah ada sebagian peserta yang berusaha berbuat curang alias mencontek.

Salah satu metode paling umum adalah mengirim pertanyaan ke orang lain di luar ujian—entah melalui kamera miniatur yang disembunyikan di pulpen atau cara lain—, kemudian menerima jawaban lewat earphone kecil yang diselipkan di dalam telinga.
Aktivitas seperti inilah yang bakal dicegat oleh drone di Tiongkok. Dilengkapi peralatan khusus, drone yang terbang 500 meter di atas lokasi ujian tersebut bisa mengendus apabila ada sinyal radio yang dipancarkan.

Lokasi sinyal radio lantas diteruskan ke staf pengawas yang memegang tablet, untuk kemudian ditindaklanjuti di arena ujian.
Mereka yang cukup sial kepergok menyontek bakal dilarang mengikuti ujian itu selama tiga tahun. Anggota komplotan yang memberikan jawaban dari luar bahkan bisa menghadapi tuntutan pidana sesuai hukum yang berlaku di Tiongkok.Via :  ENGADGET

  

Sosialisasi Aturan "Drone" di Indonesia

Pesawat udara tanpa awak yang digunakan untuk kepentingan pemotretan, pemfilman dan pemetaan, harus melampirkan surat izin dari institusi yang berwenang.

Sosialisasi Aturan ''Drone'' di IndonesiaPesawat nirawak sipil (Kompas)
Sistem udara tanpa awak mempunyai batasan penggunaan berdasarkan peralatan yang dibawanya. Kementerian Perhubungan dan Majalah Angkasa telah menggelar sosialisasi mengenai aturan penggunaan pesawat udara tanpa awak (drone) pada Kamis (4/8) di Jakarta. Aturan tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 90/2015 ada beberapa batasan. Batasan tersebut antara lain:
  • Sistem udara tanpa awak dengan kamera dilarang beroperasi 500 m dari batas kawasan udara terlarang (prohibited area) atau udara terbatas (restricted area).
  • Pesawat udara tanpa awak yang digunakan untuk kepentingan pemotretan, pemfilman dan pemetaan, harus melampirkan surat izin dari institusi yang berwenang dan Pemerintah Daerah yang wilayahnya akan dipotret, difilmkan, atau dipetakan.
  • Sistem pesawat udara tanpa awak dengan Peralatan Pertanian (penyemprot hama dan/atau penabur benih) hanya diperbolehkan beroperasi pada areal pertanian/perkebunan yang dijelaskan dalam pengajuan rencana terbang (flight plan).
  • Kegiatan penyemprotan hama dan/atau penaburan benih dengan menggunakan teknologi sisten pesawat udara tanpa awak diizinkan apabila dalam radius 500 m dari batas terluar areal pertanian/perkebunan dimaksud tidak ada pemukiman penduduk.
  • Sistem pesawat udara tanpa awak untuk kebutuhan dan misi pemerintah, penggunaan sistem pesawat udara tanpa awak untuk kepentingan pemerintah seperti patroli batas wilayah negara, patroli wilayah laut negara, pengamatan cuaca, pengamatan aktivitas hewan dan tumbuhan di taman nasional, survei dan pemetaan yang bersifat rutin dan terjadwal dengan lingkup penerbangan tertentu (area tertentu), menggunakan individual flight plan.

1 comment:

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb perkenalkan saya seorang TKW ARAB SAUDI
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampung, jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan AKI BROMO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul-betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI, akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI BROMO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor, dan nomor yg diberikan AKI BROMO memang betul-betul terbukti tembus 100% dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI BROMO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,mungkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI, sekali lagi makasih yaa KI atas bantuannya dan bagi teman-teman yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi (AKI BROMO) di nomor 085-288-958-758 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya sudah membuktikan sendiri keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi… insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar-benar kisah nyata dari saya seorang TKW... JIKA ANDA KURANG YAKIN ATAU KURANG PERCAYA >>>>>KLIK DISINI<<<<<

    SEKEDAR INFO: SEDIKIT BANTUAN DARI AKI BROMO.???
    1.MASALAH EKONOMI
    2.TERLILIT HUTANG
    3.PESUGIHAN
    4.DANA GAIB/UANG BALIK
    5.PENGLARIS BISNIS
    6.TOGEL
    7.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    8.MASALAH RUMAH TANGGA DAN LAIN-LAIN.

    Jadi kepada teman-teman yang lagi mengalami masalah, jangan anda putus asah,,,(AKI BROMO) akan membantu anda semua dalam berbagai suatu masalah dan ingin merubah nasib anda seperti saya apa bila ada waktu silahkan hubungi (AKI BROMO) Di Nomor: 085-288-958-758 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya ALLAH apa yang anda ingingkan pasti tercapai.
















    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.

    ReplyDelete