Monday, January 14, 2013

Kotoran Hewan untuk Bahan Baku Kertas yang Ramah Lingkungan


Kotoran hewan disamping untuk pupuk kandang dan biogas untuk memasak juga dapat digunakan untuk bahan baku kertas, terutama untuk jenis kotoran hewan yang berserat seperti Kerbau, Kanguru, Jerapah, Kuda, Badak, Zebra, Onta dan Sapi. Berikut ini kotoran dari gajah digunakan untuk pembuatan kertas. Proyek aneh ini digagas oleh Tim Husband yang sebelumnya bekerja sebagai penjaga kebun binatang di Australia. Proses pembuatan kertas ini juga dapat dijadikan salah satu atraksi wisata sebagai bentuk edutainment. Awal proyek semacam ini telah dirintis sebelumnya di India dan Thailand(admin)
  
Proyek ini diadakan di Bali Safari and Marine Park. Dari survei diperoleh informasi bahwa gajah-gajah di sana setiap ekor menghasilkan kotoran sekitar 100 kg perhari dan menghabiskan rumput sebanyak 180 kg perhari. Proyek ini akan memanfaatkan bantuan dari penduduk sekitar, terutama dalam pengumpulan kotoran.

Seperti dilansir di International Business Times, untuk menghasilkan 15 kertas kualitas tinggi membutuhkan satu tumpukan kotoran gajah. Metode daur ulang kotoran menjadi kertas yang bermanfaat ini tidak hanya berlaku untuk kotoran gajah saja, tetapi dapat dipakai untuk hewan pemakan rumput lainnya. Di tahun 2005, Creative Paper Tasmania sudah berhasil untuk mengubah kotoran Kangguru menjadi kertas dan alat tulis lainnya.

Kotoran gajah tidak menghancurkan seluruh dedaunan yang mereka konsumsi, sehingga kotoran yang mereka keluarkan masih banyak mengandung serat. Dan serat-serta tersebut yang akan dibuat sebagai bahan dasar kertas. Uraian ini menunjukkan bahwa mengubah kotoran hewan menjadi kertas bukanlah upaya mustahil.

Keterangan yang diungkap oleh Ecology Global Network, pemanfaatan kotoran hewan menjadi kertas akan berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan khususnya hutan. 

Kebutuhan kertas dunia mengalami peningkatan luar biasa, sebesar 400 persen dalam kurun waktu 40 tahun. Berarti telah terjadi penebangan hutan sekitar 4 miliar pohon, atau kira-kira 35 persen dari jumlah keseluruhan hutan di dunia.
  Kotoran Gajah Indonesia Jadi Kertas Oleh Australia 

Cara Pembuatan Kertas di Taman Safari Indonesia
Proses pembuatan kertas dari kotor gajah juga dilakukan di Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor melalui beberapa tahapan :
  • diawali dengan mencuci kotoran gajah dengan air.
  • Kotoran gajah yang telah dicuci, berupa serat sisa makanan yang masih basah, lalu dijemur di sinar matahari hingga kering dan berubah warna seperti warna coklat susu. 
  • Serat kering kotoran gajah tersebut masuk dalam proses pembuatan bubur kertas yang diawali dengan mencampurkan serat kotoran dengan kertas bekas.
  • Perbandingan pencampuran ini 3 kilo kotoran gajah dan 1 kg kertas bekas
  • kotoran gajah dan kertas diblender dalam alat khusus. Setelah itu direbus.   Perebusan berlangsung selama 15 menit. 
  • Pencetakan. Setelah direbus, antara bubur kertas dan bubur kotoran gajah dicetak di atas skring kain dengan ukuran 40 x 50 cm, lalu dijemur untuk menjadi kertas kering.

proses pembuatan kertas dari kotoran gajah dapat berlangsung selama satu hari. 
Dalam satu hari TSI menghasil 2 ton kotoran gajah dari 40 ekor yang ada.
Dari 100 kg serat kotoran dikeringkan menghasilkan 4 kg kotoran kering dan dari  4 kg serat kering menghasilkan 210 lembar kertas ukuran 40x50 cm.
Kertas dari kotoran gajah ini sudah dibuat untuk buku, amplop, cetak foto, undangan dan frame foto,
via : antaranews.com

Ide Kreatif Siswa
 nasional.kompas.com 
beberapa fakta tentang kertas yang terbuat dari kayu, (dari situs bakrietelecom.com)
  1. Untuk membuat 1 kg kertas membutuhkan 324 liter air?
  2. Satu pohon membutuhkan waktu 10 tahun untuk menjadi 16 rim kertas A4!
  3. Sampah kertas dan plastik melonjak drastis pada setiap perayaan besar seperti lebaran, natal, tahun baru dan lainnya
  4. 1 Batang pohon dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk 3 orang bernapas.
  5. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dibutuhkan 3 ton kayu dan 98 ton bahan baku lainnya.
  6. Setiap jam, dunia kehilangan 1.732,5 hektar hutan karena ditebang untuk menjadi bahan baku kertas.
  7. Industri Kertas diseluruh dunia menggunakan 35% dari seluruh panen kayu komersial setiap tahun.
  8. Industri kertas menghabiskan 670 juta ton kayu untuk menghasilkan 178 juta ton of pulp dan 278 juta ton kertas dan karton.
    * 1 ton kertas = 400 rim = 200.000 lembar.
    * Untuk memproduksi 3 lembar kertas dibutuhkan 1 liter air.
  9. 95% kertas dibuat dari bahan serat kayu.
  10. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan gas karbondioksida (CO2) sebanyak kurang lebih 2,6 ton atau sama dengan emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil selama 6 bulan.
  11. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan kurang lebih 72.200 liter limbah cair dan 1 ton limbah padat.
  12. Industri kertas adalah pemakai energi bahan bakar ke-3 terbesar di dunia (American Forest and Paper Association).
  13. Dulu kertas hanya digunakan untuk menulis, sekarang industri Packaging menggunakan 41% dari seluruh penggunaan kertas.
Begitu membaca fakta tentang kertas diatas kita dapat membayangkan betapa mengerikan dampak penggunaan kertas bagi lingkungan yang selama ini mungkin kita tidak sadari.  Oleh karenanya inovasi pembuatan kertas dari kotoran hewan ini tentu saja sangat membanggakan. Pembuatan kertas dari kotoran hewan ini juga membantu kita berhemat dalam banyak hal seperti Pohon, Minyak, Energi listrik dan air