Tuesday, January 1, 2013

"Solar Power" /Energi Surya yang Praktis untuk Fashion



Pada saat ini telah banyak dijual sel surya tipis di beberapa negara Eropa dan Amerika, sehingga penggunaannya dapat dikembangkan secara luas.Salah satunya adalah penggunaan untuk sehari hari di bidang fashion.Di pasaran umum banyak terdapat pengisi energi listrik untuk berbagai perangkat genggam seperti pemutar MP3 dan bahkan komputer tablet. Namun, sebagian besar  kita biasanya lupa membawa charger untuk dihubungkan dengan listrik konvensional.
Untuk mengatasi masalah ini, desainer fashion telah datang dengan berbagai gaun bertenaga surya, sehingga Anda tidak perlu membawa charger kemana mana. Berikut ini ada beberapa pakaian bertenaga surya yang merupakan energi  secara berkelanjutan mengisi peralatan elektronik genggam anda tanpa perlu stopkontak.


Solar dress
Walaupun kebanyakan dari kita berpikir bahwa hanya panel  surya berwarna hitam yang dapat dijahit ke pakaian yang tidak semua pemakai mau.Seorang peneliti di University of Gifu di Jepang telah membuat konsepsi dengan gaun bertenaga surya yang memiliki 26 dye-sel peka yang dijahit ke gaun sebagai bintang berwarna. Sel-sel surya memiliki efisiensi 1,4 persen dan dengan mudah dapat mengisi ulang ponsel.

  • Solar frock
Abbey Liebman, seorang mahasiswa desainer  di Cornell University, telah merancang gaun surya, yang didasarkan pada penggunaan panel surya dan benang kapas yang dapat mengalirkan arus listrik. Tidak seperti gaun lainnya yang memiliki serat melakukan khusus untuk mentransfer arus dari panel surya untuk perangkat Anda ingin mengisi ulang, membuat mereka berat untuk dipakai, benang inovatif gaun surya kapas melakukan pekerjaan, namun tetap ringan.

  • Hari untuk gaun Malam dari sel surya
Baju ini didesain oleh Studio 5050."Siang untuk Malam" merupakan busana yang terbuat dari panel sel surya. Desainnya memberikan tektur yang unik dan tahan air.Energi yang dibangkitkan dari baju tersebut akan disimpan di Board kontrol dan kemudian memungkinkan untuk digunakan untuk mengisis setrum ke Handphone dan media digital player. 


  • Solar Parka
Soar parka di desain oleh Lapidus dalam bentuk sel surya tipis warna hitam yang dijahit di jaket.Panel surya akan menghasilkan listrik yang disimpan di baterai Lithium mikrodan kapasitor.Setelah baterai penuh dapat digunakan untuk keperluan energi gadget anda 

  • Bikini Surya

  • Bikini surya adalah gagasan dari desainer Andrew Schneider. Bikini ini terdiri dari 40 film tipis solar sel yang fleksibel sel surya yang diproduksi terbatas. Matahari menyinari bikini pada saat matahari musim panas dan mentransmisikan daya melalui media  
    konduktif yang berakhir pada port USB. Bikini dapat juga menghasilkan energi untuk 
    port USB laptop Anda.
  • Solar Swimsuit
Energi surya dari baju renang Triumph International  merupakan baju energi surya pertma yang dijual komersil.Baju renang tersebut cukup memberikan tenaga atau charge energi ke peralatan handphone atau iPod.  


  • Solar powered Ski Suit
Baju ini di desain oleh Willy Bogner. Penggunaan energi matahari untuk menyalakan lampu LED di jaket ski. Dengan adanya lampu tersebut akan mudah ditandai apabila pemain ski tergelincir ke dalam salju.Penangkap cahaya matahari ada di jaket tersebut dan menyalakan lampu disaat pemain ski meluncur di salju.
 via : ecochunk.com