Thursday, February 2, 2012

Berbagai Bentuk Panel Surya yang Eksotis


Di tangan para arsitek, panel-panel surya bisa dibikin artistic. Sebuah konsep dari ZM Architecture, perusahaan yang berbasis di Glasgow, baru-baru ini memenangkan kompetisi International Design Awards (IDA) Land and Sea Competition. Perusahaan ini mendisain panel-panel surya dengan mengambil bentuk bunga teratai, bunga mengambang yang banyak ditemukan di River Clyde, Glasgow.
Lembaran panel-panel surya berbentuk bunga teratai di permukaan sungai River Clyde, Glasgow (Foto: BBC London)
Bunga teratai mengambang di permukaan sungai (Foto: nathanfarb)
Di dalam proposal yang sudah disetujui pemerintah Glasgow tersebut dikatakan bahwa desain mereka dimaksudkan supaya panel-panel surya tersebut membaur dengan kondisi alami sungai Clyde.
Listrik yang dihasilkan oleh panel-panel surya yang tiangnya dipancangkan ke dasar sungai tersebut diekspor ke jaringan listrik nasional. Supaya “bunga-bunga teratai” dapat bergerak mengikuti arah matahari, akan dipasang motor-motor listrik.
Sebelum ini solar sel sudah digunakan untuk memperindah taman. Jika anda punya kolam kecil di taman rumah, anda bisa memasang air mancur mengunakan solar sel berbentuk bunga teratai. Energi listrik yang dihasilkan solar sel bunga teratai ini akan disimpan ke baterai yang menggerakkan pumpa air.
Air mancur mini menggunakan solar sel bunga teratai (Foto: earthwhile)
Solar set bunga teratai yang berukuran 9 inci x 3 inci ini dapat memancarkan air setinggi 18 inci. Jika pada kolam dipasang cukup banyak air mancur mini, maka kolam anda akan bertambah indah. Yang juga menarik, anda bisa punya air mancur sepanjang hari tanpa membebani rekening listrik anda.

Balon Surya (Solar Balloons)

Seorang ilmuwan Israel melakukan pengembangan sumber energi terbarukan dengan cara baru. Dia menempelkan modul surya ke sebuah balon dan digantungkan di udara. Sistem ini memiliki keuntungan antara lain: dapat menangkap cahaya matahari secara langsung tanpa tertutup pohon, bangungan, dsb.

Pengisian Tenaga Listrik Umum untuk kendaraan
 

No comments:

Post a Comment