Wednesday, February 1, 2012

Kapal Ferry Penumpang dengan Tenaga Angin & Photovoltaik


Kapal ferry penumpang futuristik sebagaimana yang ditunjukan dibawah ini menggunakan layar panel surya. Solar Sailor ini mengkombinasikan energi surya dan angin untuk mendorong kapal.
Ada sejumlah batasan-batasan desain yang para arsitek kapal biasanya hadapi ketika mendesain kapal atau perahu layar. Angin yang bertiup dari arah horizontal biasanya mendorong kapal ke posisi miring, sehinggi menciptakan olengan (rolling) yang sering pada kendaraan laut tersebut. Di samping itu, jika panel surya hendak dipasang maka jumlah energinya tidak sepenuhnya cukup untuk menggerakkan motor listrik yang mendorong kapal. Di pihak lain, jika layar saja yang hendak diinstall maka ia tidak akan sepenuhnya efektif dalam mendorong kapal/ perahu sepanjang waktu karena tiupan angin tidak dapat diprediksi kontinuitasnya. Ada saat-saat ketika tidak ada angin yang bertiup, atau walaupun ada, arahnya mungkin dari depan.

Jadi para arsitek kapal harus mengkompromikan semua batasan-batasan rancangan tersebut untuk mencapai sebuah desain yang optimum yang secara efektif bergantung pada energi terbarukan. Untuk meminimalkan tahanan air dan mempertahankan stabilitas, catamaran (lambung kembar) atau trimaran (tiga lambung) dapat diterapkan. Bahan lambung harus seringan mungkin sehingga kapal tidak membutuhkan terlalu banyak energi untuk bergerak.
Penyempurnaan-penyempurnaan dalam teknologi photovoltaic telah membawa banyak kemungkinan desain menjadi kenyataan. Contohnya, sel-sel photovoltaic thin film atau yang secara komersial disebut panel photovoltaic fleksibel dalam masa datang akan dipertimbangkan ketika para arsitek kapal hendak merancanakan layar untuk perahu atau kapal mereka. Di samping memiliki bobot yang ringan, fleksibilitasnya dapat memungkinkannya diintegrasikan ke dalam layar. Tetapi panel photovoltaic fleksible harus dialasi dengan material layar yang kuat yang dapat menahan tegangan dan regangan yang disebabkan oleh tiupan angin.

Aplikasi layar tenaga matahari akan menjadi pilihan utama di masa depan. Jadi, sebuah perahu atau kapal yang ramah lingkungan (a green boat) akan ditenagai oleh motor-motor listrik yang listriknya disuplai oleh sebuah layar yang juga mendorong perahu tersebut.

Masalah lain yang harus kita pertimbangakn adalah zat-zat beracun yang terkandung di dalam baterai yang menyimpan energi listrik tersebut. Baterai harus ditutup rapat (sealed) dengan baik guna mencegah kebocoran-kebocoran yang dapat mencemarkan air laut.
Ketika semua batasan desain ini telah dipecahkan atau dikompromikan, maka penumpang dapat menikmati perjalanan mereka bebas dari kebisingan, vibrasi, dan yang penting lagi asap beracun yang dilepaskan oleh mesin diesel.

Boat di atas dipresentasikan pada sebuah halaman web dengan linkhttp://www.inhabitat.com/2007/10/09/transportation-tuesday-the-solar-sailor/. Halaman web tersebut menyebutkan bahwa perahu ferry ini akan mengangkut penumpang ke Alcatraz, sebuah pulau penjara yang terletak di tengah teluk San Francisco. Oleh Charles Roring

No comments:

Post a Comment