Friday, November 9, 2012

Pabrik Baterai Lithium Ion Sanyo Terbaru di Jepang



Era kendaraan listrik yang ramah lingkungan dengan didukung baterai Lithium Ion mulai nampak denyut perkembangannya dengan persiapan 2 pabrik besar yaitu Sanyo dan Mitsubishi di Jepang yang akan mendukung kendaraan hibrid.Berikut ini gambaran mengenai pabrik Sanyo yang baru di Kota Kasai,Hyogo,Jepang.
Sanyo Electric Co, sebuah nama terkenal dalam industri baterai isi ulang, telah menyelesaikan pembangunan fasilitas produksi baru untuk baterai lithium-ion otomotif. Fasilitas li-ion terletak di dasar Tanaman Kasai perusahaan di Hyogo prefektur Jepang. Pabrik baru saat ini mampu memproduksi hingga satu juta sel baterai per bulan, tapi bisa ditingkatkan produksinya  jika ada permintaan. 

Meskipun Sanyo merupakan pemasok terkemuka untuk baterai otomotif nickel metal hydride ,diam diam  bekerja sama dengan perusahaan Volkwagen Jerman  untuk memproduksi baterai Lithium Ion bagi mobil hibrida dan akan memasok Suzuki dengan lithium ion.  Sanyo memiliki impian besar,  ingin menangkap 40 persen dari pasar baterai isi ulang otomotif global pada tahun 2020. 


[Sumber: Sanyo]



SANYO Electric Co,Ltd telah menyelesaikan pabrik barunya pada tanggal 30 Juli 2010, di kota Kasai, Hyogo,Jepang.   

Mengingat meningkatnya kepedulian masyarakat untuk melestarikan lingkungan, SANYO telah  meningkatkan pengembangan baterai isi ulang untuk kendaraan yang ramah lingkungan dan diharapkan permintaan pasar meningkat. SANYO telah memasok baterai nikel-metal hidrida (NiMH) untuk kendaraan listrik hybrid (HEV) ke Ford, Honda dan Volkswagen, sementara pengembangan baterai NiMH dengan PSA Peugeot Citroen.


Selain itu, SANYO mengembangkan baterai lithium-ion untuk otomotif  dengan kelompok Volkswagen. Baterai lithium-ion Sanyo untuk plug-in HEV juga akan ditempatkan di kendaraan armada SUZUKI 


Penyelesaian pabrik baru akan memungkinkan SANYO untuk memenuhi kebutuhan lebih lanjut dari baterai lithium-ion untuk kendaraan ramah lingkungan dari berbagai pembuat mobil. Pabrik akan mulai dengan kapasitas produksi 1 juta sel per bulan, dengan tujuan untuk memperluas skala produksi Tergantung pada permintaan.SANYO berfokus pada ekspansi global bisnis baterai isi ulang untuk kendaraan ramah lingkungan dengan investasi yang agresif dalam bisnis.


Gambaran pabrik baru


1. Biaya konstruksi: Sekitar 13 miliar yen (termasuk biaya untuk pekerjaan dll insidental)

2. Jadwal Konstruksi : Target pada bulan September 2009, selesai pada bulan Juli 2010
3. Total area lantai : 42,831 m2 (lima lantai)
4. Produk: Lithium-ion baterai untuk kendaraan ramah lingkungan
5. Kapasitas produksi: 1 juta sel per bulan di awal (direncanakan)

Garis Besar Pabrik Kasai saat ini (per Juli 2010)


1. Nama: Pabrik Kasai

2.  Alamat: 1 94-4 Tokonabe-cho, Kasai kota, Propinsi Hyogo, Jepang
3. Luas Situs : Sekitar 188.000 m2
4. Deskripsi bisnis: Pengembangan dan produksi NiMH sistem baterai untuk HEV
Pengembangan peralatan rumah seperti penyedot debu, kursi pijat dan sepeda listrik hybrid , dll