Saturday, November 24, 2012

Turbin Angin Penghasil Listrik dan Air di Padang Pasir


Pembangkit listrik energi alternatif dari angin di Indonesia kurang berkembang dibandingkan sel surya. Barangkali turbin angin model Eolewater ini yang dibutuhkan masyarakat di daerah angin kencang tetapi gersang kurang air tawar seperti di Prov. NTT.Turbin ini disamping menghasilkan listrik 30 Kw juga dapat menghasilkan air bersih sampai 800 liter per hari.Bagaimana cara kerjanya? mari kita ikuti pembahasannya.


Kita sudah tahu turbin angin (wind turbine) yang menghasilkan listrik dan juga sudah tahu bahwa ada alat yang bisa menghasilkan air dari udara (water harvesting), bukankah lebih baik kalau keduanya bisa digabungkan?

Eole Water telah menciptakan sebuah turbin angin yang juga berfungsi sebagai penghasil air yang didapat dari udara.

Air bisa dihasilkan dengan "menangkap" udara di bagian depan, tepatnya di "hidung" baling-baling dan kemudian dipanaskan melalui generator untuk kemudian berubah menjadi uap dan didapatlah air (kerjanya mirip dengan mesin pendingin AC).
Turbin angin ini sedang diuji coba di Abu Dhabi yang pastinya kita tahu bahwa daerah tersebut cukup gersan dan hasilnya turbin angin ini selain bisa menghasilkan listrik sebesar 30 kW juga sekaligus bisa menghasilkan air bersih sebanyak 500-800 liter per hari, lumayan kan?
Menurut Eole Water, turbin angin ini bisa menghasilkan air sebanyak 1.000 liter per hari apabila kecepatan angin bisa mencapai 24 km/ jam.
Well, memang produk yang menjanjikan tapi sayangnya produk ini (ramah lingkungan) memang masih belum ramah kantong. :-(


Sumber berita
Wind Turbine Makes 1,000 Liters of Clean Water a Day in the Desert

Tambahan Energi Listrik dari angin 

Amerika Serikat adalah penghasil tenaga angin terbesar di dunia, dengan 389 lapangan pembangkit listrik tenaga angin yang menghasilkan 27.000 megawatt (MW). Lebih dari 99.000 MW, yaitu hampir 570 lapangan pembangkit listrik tenaga angin baru, sedang dalam tahap perencanaan awal dan pengembangan lebih lanjut.
Inggris berpotensi untuk menjadi sumber tenaga angin lepas pantai terbesar di dunia. Perairannya yang relatif dangkal dan sumber tenaga angin yang kuat mencapai jauh sampai ke Laut Utara. Diperkirakan Inggris mempunyai lebih dari 33% dari total potensi sumber tenaga angin lepas pantai Eropa - ini cukup untuk memasok daya listrik ke negeri ini hampir tiga kali lipat.

Pembangkit Energi Angin diinstal pada lahan pertanian atau daerah penggembalaan, memiliki salah satu dampak lingkungan terendah dari semua sumber energi. Turbin angin digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik atau mekanik.

Energi angin secara historis telah digunakan langsung untuk menggerakkan kapal layar atau dikonversi menjadi energi mekanik untuk memompa air atau menggiling gandum, tapi aplikasi utama tenaga angin saat ini adalah pembangkit listrik.
Spanyol, Portugal, Jerman, Irlandia, Eropa memimpin dunia dalam produksi tenaga angin lepas pantai. Amerika Serikat dan China menyediakan sumber daya lahan yang sangat memungkinkan