Thursday, November 29, 2012

PLC : Semen Berbahan Dasar "Limestone" di Quebec, Canada

holcimmississauga_mar2
Pabrik semen di pulau Jawa akan menghadapi kendala keterbatasan bahan baku semen dan masalah lingkungan di permukiman yang semakin padat.Akan tetapi sesuai kebutuhan semen yang terus meningkat, mulai banyak diteliti mengenai sumber bahan baku baru seperti semen dari bahan sampah, dari limestone, dari bahan non carbon dan dari material alternatif lainnya seperti yang ditemukan oleh Holcim Canada berikut ini.   

MISSISSAUGA-Holcim Canada Inc akan memproduksi jenis semen  baru yang disebut Portland Limestone cement (PLC) yang telah diajukan  ke Ontario Building Code (OBC) dan Regie du Bâtiment di Quebec sebagai alternatif untuk penggunaan umum/General Use (GU) semen.


Pabrik Holcim di Mississauga dan Joliette, Que. telah memproduksi PLC yang telah diujicba ke pengusaha semen ready - mix dan produsen produk beton di  provinsi tersebut.

Proses manufaktur PLC diharapkan dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 130.000 ton, setara dengan yang dikeluarkan oleh lebih dari 25.000 mobil di jalan atau menanam pohon 3.300.000 batang dan akan mengurangi ketergantungan pada bahan asli, menurut perusahaan..


Penurunan yang dicapai hingga 15 persen karena  klinker yang digunakan untuk memproduksi semen biasa diganti dengan limestone.

PLC juga menunjukkan kinerja kekuatan yang sebanding dan dapat digunakan dengan jumlah yang sama sebagai bahan tambahan penyemenan untuk GU./Penggunaan Umum.

PLC yang direferensikan dalam National Building Code of Canada November lalu, diadopsi dari  Ontario Building Code(OBC) pada 17 Februari 2011..canadianmanufacturing.com