Friday, November 30, 2012

Temuan Baru : Semen dengan Nol Karbon



Semen merupakan salah satu sumber bahan baku untuk membangun rumah dan gedung yang paling besar dan menghasilkan emisi karbon. Saat memproduksi semen, diperlukan berbagai bahan sehingga volume karbon yang dihasilkan juga besar. Kini ditemukan alternatif semen yang tidak menghasilkan karbon negatif atau nol karbon.


Penemuan itu tidak hanya mengurangi jumlah karbon dioksida yang dihasilkan tetapi juga semen itu dapat mengikat CO2 yang dikeluarkan.
Seperti dikutip dari laman YahooGreen, Novacem, perusahaan yang mengembangkan semen baru tersebut menggunakan magnesium silikat bukan senyawa kalsium yang biasa diproduksi untuk semen. Bahan baru ini dianggap memiliki kualitas lebih dari semen biasa yang diproduksi oleh semen Portland. Keunggulan lainnya adalah, produksi magnesium silikat merupakan proses energi yang lebih rendah. Proses produksi juga menggunakan bahan bakar biofuel sehingga ramah lingkungan.
Perusahaan ini juga mencatat selain menghasilkan nol karbon, semen baru mereka dapat menyerap lebih banyak karbon dioksida (CO2) saat produksi. Sebagai contoh, dalam produksinya,  CO2 yang diserap hingga 100 kilogram.
Perusahaan Novacem menjelaskan bahwa bahan dasar semen itu adalah magnesium oksida yang banyak tersedia dimana pun di dunia sehingga produksinya bisa ditiru oleh perusahaan semen lain dengan lisensi yang sudah diberikan.