Saturday, December 22, 2012

Baju, Tas dan Tirai Jendela dari Sel Surya Tipis


Teknologi sel surya tipis yang lentur dapat digunakan multifungasi mengikuti segala permukaan bahan. Salah satunya diaplikasikan ke bahan kain yang digunakan sehari hari seperti baju, topi, kaos, kain gordein, untuk pengisian listrik Handphone, lampu mini dan sebagainya (admin).



Para peneliti dari Jepang menggarap sebuah kain yang memiliki panel sel surya. Cara tersebut membuat kain itu bisa digunakan untuk memanen energi Matahari dari mana pun.
Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (11/12/2012), kain temuan baru tersebut dibuat dari sel surya yang setipis wafer. Sel surya kita dianyam menjadi kain sehingga bisa digunakan oleh orang-orang untuk mengisi daya telefon genggam dan atau elektronik lain.
Solar Cell T Shirt - Solar Panel Print - Geek - Alternative Energy

Namun, saat ini kain itu masih belum bisa dipasarkan. Penciptanya mengatakan masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

"Kami masih memiliki beberapa hal yang perlu diselesaikan sebelum memulai komersialisasi. Misalnya dalam hal menerapkan lapisan pelindung untuk kawat konduktor dan meningkatkan ketahanan kain," terang seorang petugas di Industrial Technology Center, Jepang.

"Saat ini kami telah dikontak oleh vendor elektronik, pembuat tirai jendela dan lain-lain yang tertarik pada penemuan kami," imbuhnya.