Monday, December 10, 2012

CERV : Peralatan Militer Berkonsep "Go Green"




Baru-baru ini dipamerkan di Chicago Auto Show, The Clandestine Extended Range Vehicle (CERV) yang merupakan kendaraan militer "hijau" yang  dimaksudkan bisa membuat dampak besar di medan perang tetapi membuat dampak yang kecil terhadap lingkungan.Bagaimana kelebihannya kendaraan ini ?


The United States Army’s Tank Automotive Research, Development and Engineering Center (TARDEC) yang ada di Chicago mengemukakan CERV adalah sebuah kendaraan hemat energi yang dikembangkan oleh Teknologi Bahan Bakar Quantum Sistem Worldwide yang ada hubungannya dengan TARDEC.


Quantum, yang mengkhususkan diri dalam gas alam, hidrogen, dan teknologi kendaraan hibrida,  menunjukkan sekilas tentang CERV tersebut dan menyatakan perusahaan yang memproduksi CERV akan menghemat uang dan nyawa prajurit (walaupun kita tidak bisa cukup melihat bagaimana ia mampu menyelamatkan nyawa, karena penumpangnya tidak terlindungi dengan baik),   sedangkan Angkatan Darat AS telah memberi label CERV sebagai salah satu "teknologi ramah lingkungan."


Menurut Quantum dan TARDEC, kendaraan ringan ini dikembangkan dengan tujuan membuat dampak besar di medan perang tetapi membuat dampak yang kecil terhadap lingkungan. Prototipe CERV adalah diesel-hybrid yang menggunakan Quantum "Q-Force" powertrain dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 80 mil per jam dengan kecepatan bergerak tanpa suara dengan energi listrik delapan mil per jam. 
Disamping menjadi hijau, CERV juga memberi kejutan kuat yang dapat menanjak di kemiringan 60 derajat dan menghasilkan torsi lebih dari 5.000 kaki-pounds.



Tentu saja semua energi listrik yang ada ikut membantu menjalankan kendaraan tanpa perlu terus-menerus mengisi bahan bakar pada saat di lapangan, itulah sebabnya CERV juga efisien. Transportasi ramah lingkungan ini mengkonsumsi hingga 25-persen lebih sedikit bahan bakar dibandingkan dengan kendaraan lain yang se tipe. Menurut laporan Task Force dewan keamanan baru-baru ini, bahwa satu persen efisiensi biaya bahan bakar dapat digunakan untuk perjalanan konvoi 6.444 tentara. 

Jadi sementara CERV yang mungkin cukup berarti bagi musuh-musuhnya apalagi yang diatasnya dipasang senjata tetapi mungkin tidak membantu pengamanan bagi pengendara dan penumpangnya, tetapi relatif lebih baik untuk lingkungan.


"Teknologi efisiensi tinggi powertrain Quantum membantu untuk menghemat bahan bakar, sekaligus meningkatkan performa kendaraan dan fleksibilitas," kata Alan P. Niedzwiecki, Presiden dan CEO Quantum. "Powertrains baru kami, merupakan generasi yang ideal untuk mendukung operasi taktis baik dalam lingkungan perkotaan dan non-kota di berbagai profil daerah operasi militer AS 




Read more: http://www.digitaltrends.com/cars/meet-cerv-the-militarys-mean-green-gunning-machine/#ixzz2EA3PYchv