Monday, December 10, 2012

Sistem Manufaktur Hyperion 3 Mampu Memproduksi Sel Surya Murah


Pemilihan teknologi produksi panel sel surya harus selalu mengikuti perkembangan kemajuan teknolgi yang berkembang cepat.Pada saat kini perkembangan sel surya tipis banyak menjadi perhatian ilmuawan dan pengusaha karena mudahnya memproduksi dalam jumlah massal, waktu singkat dan teknologinya seperti mesin cetak/printer ke kertas atau plastik. Bagaimana memilih teknologi yang tepat untuk pabrik sel surya ? Bila  hanya mengandalkan proporsal & iklan pemasaran dengan iming2 diskon besar, maka bisa jadi anda akan mendapatkan " Sunset Technology" yang dalam waktu singkat tidak akan berproduksi lagi karena kalah bersaing. Berikut ini ada salah satu sistem manufactur yang katanya, biaya untuk  proses produksi bisa lebih murah yaitu hanya setengah dari biaya produksi sel surya tipis lainnya, sehingga harga jualnya bisa murah juga. (admin)



Sebuah pabrik kecil di Mississippi,San Jose-California sampai minggu ini, telah bekerja di semi-rahasia, mengklaim bahwa proses manufaktur yang unik memungkinkan panel photovoltaic yang  diproduksinya hanya menghabiskan biaya setengah dari biaya yang dikeluarkan dengan metode konvensional. Kuncinya, menurut Teknologi Twin Creeks, adalah dalam ketipisan wafer monocrystalline nya yang secara dramatis mengurangi material yang dibutuhkan.


Peralatan pabrik Hyperion 3 dari teknologi Twin Creeks  

 wafer surya konvensional dapat diiris  menjadi ketebalan sekitar 180 mikrometer ,  Twin Creeks mampu menghasilkan laminasi hanya 20 mikrometer luas dengan menggunakan apa yang mereka sebut dengan  sistem manufaktur "Hyperion".
Sistem ini menggunakan teknik Twin Creeks berupa Pengelupasan Terimbas Proton. Selama proses ini, ion hidrogen tertanam ke dalam lapisan wafer monocrystalline silikon standar tanpa mengubah karakteristik yang melekat dalam wafer itu. Ion-ion  tertanam dengan menggunakan tegangan tinggi saat mengakselerator ion  Twin Creeks.
CEO Siva Sivaram mengatakan di Technology Review "10 kali lebih kuat" daripada akselerator yang tersedia secara komersial. Kedalaman yang tertanam justru dikendalikan melalui tegangan dari sinar akselerator.
Ketika lapisan ion dipanaskan di dalam tungku, suatu lamina tipis wafter host dipisahkan dari yang lain. Proses ini dapat diulang dengan wafer yang sama untuk mengekstrak hingga 10 lapisan yang digunakan. Sebuah pelapis-logam diterapkan pada setiap lapisan untuk menambah kekuatan.

Sebuah wafer sel surya ultra tipis dengan ketebalan 20-mikrometer yang dibuat Twin Creeks dengan sistem 'manufaktur "Hyperion"

Meskipun ketebalan wafer surya konvensional telah turun selama bertahun-tahun, wafer 20-mikrometer yang tersedia sekarang merupakan suatu terobosan baru . Namun, bukannya posisi dirinya sebagai perampas, Twin Creeks  tampaknya mengekspos teknologi manufaktur untuk mendirikan pabrik  produsen panel surya daripada menjual sel surya itu sendiri. 


Perusahaan mengklaim bahwa pabrik yang ditawarkan dengan dilengkapi  teknologi ini dapat memproduksi sel surya dengan biaya 40 sen per Watt. 

Sebagai perbandingan First Solar, yang memposisikan diri sebagai "penyedia utama sistem PV yang komprehensif", mengumumkan pada  bulan lalu bahwa mereka telah bisa memotong biaya hingga 73 sen per Watt,( ternyata masih lebih mahal ).
process

Penelitian teknologi (termasuk wafer-tipis) yang dapat melipatgandakan efisiensi panel photovoltaic muncul seperti keteraturan jarum jam, tetapi umumnya perkembangan tersebut jauh dari pembuktian di tingkat komersial. Sebaliknya, Twin Creeks  mengklaim sistem  Hyperion 3 yang tersedia mampu untuk diwujudkan asecepatnya dan secara individu dapat menghasilkan 1,5 juta wafer-cukup signifikan memproduksi  sel surya lebih dari 6 Mw per tahun.

Metode pengelupasan kulit juga berlaku untuk senyawa germanium, silikon karbida, nitrida galium dan lainnya . Meskipun fokus awal Twin Creeks 'pada sel surya, ia mengklaim prosesnya cocok juga untuk pembuatan LED, peralatan elektronik, sensor gambar dan cetakan kemasan 3D.


Berbasis di Senatobia, Mississippi, Creeks Twin tidak berencana untuk membuat panel surya sendiri, laporan Technology Review. Sebaliknya, perusahaan berharap untuk menjual sistem manufaktur Hyperion untuk pembuat panel surya. Creeks Twin mengatakan teknologi Hyperion adalah 90 persen lebih efisien daripada teknik manufaktur wafer lainnya, dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pabrik surya yang sudah ada.

Sejauh ini, Twin Creeks telah menaikkan  $ 93.000.000 dalam modal ventura, dan juga telah menerima pinjaman dari negara bagian Mississippi untuk membangun pabrik. Sementara paket lengkap yang dibutuhkan untuk membuat sel solar menjadi energi alternatif yang benar-benar dapat diakses masih belum selesai, jelas bahwa teknologi manufaktur inovatif Twin Creeks 'adalah lompatan ke arah yang benar. sumber :arstechnica.com ; eetimes.com