Thursday, June 28, 2012

Mobil Balap Elektris Berstandar Formula 3




Revolusi kompetisi balap semakin nyata terlihat. Dari kehadiran mobil balap elektrik iRacer dan kompetisi balap EVCUP yang akan dilaksanakan bulan November mendatang, hingga kini hadir sebuah mobil balap elektrik baru dengan desain yang menyerupai mobil Formula 1. Mobil balap ini datang dari perusahaan asal Italia bernama FondTech dengan proyek terbarunya yang dinamakan FondTech E-11 Formula REV.
FondTech E-11 diklaim sebagai mobil balap elektrik pertama di dunia dan hampir seluruh aspek mobil tersebut didesain sesuai regulasi Formula 3 dengan bobot seberat 550 kilogram. Para teknisi FondTech mengatakan bahwa motor elektrik dan transmisi mobil ini telah disesuaikan dengan peraturan Formula 3, yaitu dengan kekuatan sekitar 150kW atau 200hp. Berdasarkan video presentasi yang dipublikasikan, mobil balap ini ditenagai tiga pak baterai lithium-ion yang tersembunyi di bagian bawah body. Mobil balap elektrik ini juga dilengkapi dengan dua motor elektrik yang mendorong laju keempat ban.

Berikut ini dapat dilihat gambar videonya :


Pihak FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) dikabarkan telah mengajukan pengadaan kompetisi balap Formula E di tahun 2013 mendatang, sedangkan FondTech telah melakukan percobaan lapangan untuk mobil E-11 di bulan Januari 2012. Dengan kehadiran mobil balap bertenaga listrik, seperti iRacer dan FondTech E-11, tampaknya kompetisi balap otomotif yang ramah lingkungan akan segara meramaikan dunia olahraga.