Saturday, June 30, 2012

Mobil Listrik Hibrida China Hanya Rp 13 juta Saja



Pabrikan mobil asal China, Geely siap membuat mobil murah sejagat dan menyebar ancaman untuk pesaingnya. Mobil anyar mereka Intelligent Geely (IG) yang sebelumnya tampil di ajang otomotif bergengsi Beijing Auto Show siap diproduksi pada 2012 dan dipasarkan 2013 mendatang.Mobil ini sudah mengaplikasi teknologi hibrid dengan memadukan sebuah mesin konvensional berkapasitas 998 cc dan sebuah motor listrik. 



http://www.blogcdn.com/autos.aol.com/media/import/20100426_geely-ig-beijing_320mz.jpg

Mobil ini begitu memikat, apalagi target harga mobil ini juga sangat murah yakni hanya sebesar 10.000 RMB atau sekitar Rp13 jutaan saja. Bila dilihat dari harganya, IG hampir sama dengan harga sebuah motor di Indonesia.



Dan ternyata PT Geely Mobil Indonesia (GMI) pun tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan mobil ini ke Indonesia. "IG siap dipasarkan 2013 nanti dengan harga 10.000 yuan. Bisa saja kita masukan juga kesini," ujar Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesia (GMI) A Budi Pramono.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHbCKmgEj0K2YLstVh2Qg-rccXTlDj1SCUcWTfJ3P6m-ahA0IzUn6bTOQQ-9XPYTcfMh_Xtio8zi7qnowWD2dyL9LrAC6JbEHppeH_92axOb1Ihri6dqP79at8tC8toYa4Xri_obLCQzs/s1600/car-20-21-13-17-8709f3c8-def4-4236-839b-6c73b6a5dd7b.jpg

Bila niatan GMI ini benar terlaksana, IG tentu menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin beralih dari motor ke mobil. Sebab selain harganya tidak jauh beda dengan motor, mobil ini pun akan mematahkan predikat mobil termurah sejagat yang selama ini dipegang oleh Tata Nano yang saat ini sudah naik harga menjadi antara US$ 2.800-3.800 (Rp26-35,2 juta).


Konsep IG sendiri tampil mengesankan di ajang Beijing Auto Show lalu dengan desain dan teknologi terkini. Pada model konsepnya, IG mengaplikasi pintu model sayap camar alias gullwing dengan lekuk tubuh yang futuristik. Sementara untuk dapur pacunya, Geely IG konsep tersebut sudah mengaplikasi teknologi hibrid dengan memadukan sebuah mesin konvensional berkapasitas 998 cc dan sebuah motor listrik.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHXAmA_TjK19KMAfQG50jo2QlraIMMJc9TvFv18cdDU27YpgVnGFfDkcwr28yR50ngOAjyFbY6q_-10hpfz7_WCCTgTJ7LBz9CiY73KV4LYzOQ_nUWCBkYfPSOrrIyspta8LP71lFjL8t3/s320/Geely-IG-Front.jpg


Dengan perpaduan dua kekuatan itu, Geely IG mampu melaju hingga ke kecepatan 150 km/jam. Kemampuan tersebut didapatnya berkat sumbangan tenaga dari mesin konvensional yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 52 kW pada 6.000 RPM dengan torsi mencapai 93 Nm pada 3.400-3.800 RPM.





Sementara motor listrik yang digerakan oleh Iron Phosphate lithium-nya mampu menyemburkan tenaga hingga 60 kW pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi mencapai 180 Nm pada 6.000 RPM.





Di Indonesia 25 Juta-an




Selama ini baru pabrikan Jepang yang semangat untuk mengikuti program mobil murah pemerintah, namun kini pabrikan mobil asal China, Geely pun tertarik. Wajar saja, karena mereka memiliki sebuah mobil konsep berharga hanya Rp13 jutaan saja.



Apalagi pemerintah menargetkan harga mobil murah yang akan dibantu sekitar Rp75 jutaan. Harga itu tentu masih jauh lebih tinggi dari harga mobil Intelligent Geely (IG) yang rencananya akan dijual dengan harga 10.000 RMB atau sekitar Rp13 jutaan saja.



Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesia (GMI) A Budi Pramono kepada detikOto. "Kami sangat tertarik dengan program itu, tapi masalahnya kan kebijakan pemerintah itu belum jelas detailnya. Kalau sudah jelas, kami pasti akan ikut gabung," ujarnya.


Lebih lanjut, Budi pun menjelaskan bahwa IG bisa sangat bersaing dengan kompetitor mereka, terlebih dengan harga dasar Rp 13 jutaan, kemungkinan dengan kondisi perpajakan seperti sekarang ini, harga IG di Indonesia masih bisa sekitar Rp 25 jutaan saja. "Kami hanya kalah nama dengan merek Jepang, tapi kalau urusan itu, kita bisa bersaing. Apalagi dengan harga dasar segitu," tandas Budi.

Dengan harga serendah itu pun, Geely terbilang masih bebas berimprovisasi terhadap produknya ini. "Bila pun harganya mau dinaikan sedikit agar IG dapat semua fitur full spek terkini, tetap saja harga mobil ini masih terjangkau," pungkasnya.

"Tapi di versi produksinya kemungkinan IG akan dibuat dengan mesin bensin berkapasitas 800-900 cc, bisa juga kita minta mesin yang lebih besar," pungkas Direktur PT Geely Mobil Indonesia Richard Yang.





Sumber :  siradel.blogspot.com , berbagai macam sumber

Gambaran Umum Perusahaan Mobil Geely

Geely Automobile adalah sebuah perusahaan otomotif yang berasal dari China. Perusahaan ini merupakan perusahaan swasta pertama dan terbesar di negara itu, berpusat di Taizhou, Zhejiang, China. Pada tahun 2009, Geely membuat gebrakan dengan membeli Volvo dari Ford Motors. Ford setuju untuk menjual Volvo ke Geely dengan harga 1,8 miliar dollar AS pada 28 Maret 2010.

Geely (Jílì, meaning "auspicious, lucky") mengawali produksinya dengan memproduksi kulkas tahun 1986. Mereka mengawali produksi di bidang otomotif dengan membuat suku cadang sepeda motor tahun 1992, dan sepeda motornya tahun 1994.Tahun 1996, Geely telah memproduksi lebih dari 200,000 motor dan skuter. Produksi mobil sendiri dimulai 1998, dan mulai mengekspor mobil pertama mereka tahun 2003.
Perusahaan ini mulai menjual sahamnya dan bursa saham HongKong tahun 2004.

Geely diluar China
Geely adalah perusahaan otomotif China pertama yang memamerkan produknya di ajang Frankfurt Motor Show 2005. Produsen itu memamerkanhatchback Haoqing dan Merrie, sedan Uliou dan Free Cruiser dan sebuah coupe berlabel Beauty Leopard. Pada tahun 2006, Geely kembali membuat gebrakan dengan menjadi perusahaan otomotif China yang memamerkan produknya di Amerika Serikat melalui Detroit Motor Show. Geely berencana menjual produknya di AS tahun 2008, tapi karena kegagalannya di serangkaian tes tabrakan dan tes emisi AS, Geely baru memulai debutnya di AS tahun 2010.
Geely sebenarnya juga akan menjual produknya secara massal di pasar Eropa tahun 2007, tapi mereka harus mengikuti standar Euro IV dan tes tabrakan Euro NCAP terlebih dahulu.via ; id.Wikipedia.org